UP2K Kecamatan Upaya Kemandirian Ekonomi Lokal

Betung – Tim Pengerak PKK Kabupaten Banyuasin kembali melakukan pembinaan terhadap TP PKK Kecamatan. Kali ini, Rombongan berkunjung ke Kecamatan Betung dengan agenda Pembinaan hukum tentang KDRT dan penilaian pola asuh anak dan remaja ( PAAR). Menggandeng Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A) Kabupaten Banyuasin kegiatan ini diselenggarakan di Dusun Probolinggo, Kecamatan Betung, Senin (27/07/2020).

 

Hal ini disambut baik oleh Wakil TP PKK Kabupaten Banyuasin, Hj. Neni Slamet. Dijelaskan bahwa setiap tahun TP PKK Kabupaten Banyuasin melaksanakan kegiatan pembinaan PKK, namun untuk kegiatan monitoring dan evaluasi pelaksanaan 10 program pokok PKK di Desa/Kelurahan sudah menjadi tanggungjawab dari TP PKK Kecamatan yang tentunya masih tetap berkoordinasi dengan TP PKK Kabupaten Banyuasin.

Dalam kegiatan pembinaan ini kami fokuskan pada jenis-jenis lomba PKK yang setiap tahun dilombakan yakni tertib administrasi, pola asuh anak dan remaja penuh cinta dan kasih sayang (PAAR-PCKS), penilaian kelompok UP2K PKK, HATINYA PKK dan pelaksanaan Iva Test.

 

“Untuk itu kami menghimbau kepada ketua TP PKK Kecamatan untuk dapat memfasilitasi dan memberikan dukungan kepada TP PKK Desa/Kelurahan yang ditunjuk untuk mewakili lomba-lomba tersebut,” jelasnya.

 

“Untuk UP2K, ini sudah menjadi salah satu program dari Pokja II yang saat ini diketua oleh Ibu Fatria Yusuf. Dalam program ini jelas sekali ada pembinaan dalam peningkatan produk olahan dari packaging dan pemasaran,” ungkapnya.

“Sehingga cita-cita untuk perwujudan ekonomi mandiri keluarga dapat diwujudkan demi kesejahteraan masyarakat yang ada di Kabupaten Banyuasin,” tutupnya.

Camat Betung, M. Sobir, meminta tolong agar pembinaan UP2K (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga) di Kecamatan Betung lebih difokuskan kembali agar nantinya UP2K dapat berkembang lebih baik lagi kedepan.

 

“UP2K pembinaan sangat perlu ditingkatkan, agar nanti produk-produk lokal ini bisa menjadi produk utama yang menjadi konsumsi masyarakat sehari-hari,” harapnya.

 

“Dan yang paling utama, produk lokal ini bisa menjadi kemandirian para ibu-ibu dalam ekonomi masyarakat mandiri,” tegasnya.

 

Dihadiri oleh Ketua DWP Kabupaten Banyuasin, Hj. Hamida Senen Har, Ketua TP PKK Kecamatan, Emilia Sobir, Ketua TP PKK Kelurahan Betung, Herawati Gunawan, Pimpinan Puskesmas Kecamatan Betung, dr. Indah, Pengurus TP PKK Kabupaten dan Kecamatan.

 

(Diskominfo/PKP).