Puluhan Siswa Ikut PAS

Banyuasin-Ribuan pelajar di Kabupaten Banyuasin mengikuti Penilaian Akhir Semester (PAS) atau Ujian Akhir Semester (UAS) tahun belajar 2019-2020. Pelaksanaannya dilaksanakan dimasing-masing sekolah. Pelaksanaan Penilaian Akhir Semester (PAS) dimulai dari tanggal 9 sampai 16 Desember 2019, Penilaian Akhir Semester (PAS) dilaksanakan secara serentak baik tingkat SD, SMP, SMA Kabupaten Banyuasin.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Drs. H. M. Yususf, Msi mengatakan bahwa,  Penilaian Akhir Semester (PAS) dilaksanakan sesuai mata pelajaran yang ada disatuan pendidikan , termasuk pelajaran muatan lokal(Mulok), baik tertulis mauoun praktek.

“Evaluasi ini adalah pemberian penilaian terhadap kemapuan siswa dalam menerima, memahami dan menguasai bahan studi yang disajikan sesuai dengan kurikulum yang telah diterapkan dan menilai perubahan sikap dan keterampilannya”,jelasnya.

“Tujuan dari pelaksanaan PAS banyak sekali antara lain untuk mengetahui pencapaian hasil siswa yang meliputi rana ranah kognitif, efektif dan psikomotor dalam kurun waktu studi tertentu dan untuk mengetahui efektifitas proses pembelajaran, PAS juga untuk menetapkan derajat hasil belajar dalam kategori ujian nasional serta persentasi penilaian dalam menentukan masuk pendidikan kejenjang pendidikan yang lebih tinggi”, jelasnya.

Bagi siswa yang tidak dapat mengikuti UAS dikarenakan sakit yang dibuktikan dengan surat keterangan dokter/tenaga medis dan siswa yang tidak bisa mengikuti PAS bisa susulan nantinya sesuai dengan ketentuan satuan pendidikan, dikarenakan satuan pendidikan sudah diberi wewenang untuk melakukan ujian ulang.