Pulihkan Ekonomi Hingga Ke desa Akibat Pandemi Covid-19, Pemkab Banyuasin Gandeng Bank BRI

PANGKALAN BALAI — Dimasa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) seperti sekarang ini secara nyata telah mengganggu aktivitas perekonomian negara di seluruh dunia termasuk di Indonesia. kegiatan dunia usaha mengalami gangguan yang signifikan baik dalam proses produksi, distribusi serta kegiatan operasional lainnya yang pada akhirnya mengganggu perekonomian Nasional.

Menyikapi hal ini Pemerintah Kabupaten Banyuasin mengambil langkah memulihkan kembali perekonomian yang ada di desa – desa melalui Kerja sama antara Bank BRI tbk dengan BUMD dan BUMDes yang ada di kabupaten Banyuasin.

“Untuk membangkitkan Badan Usaha Milik Daerah di Kabupaten Banyuasin. Apalagi dimasa pandemi COVID-19 seperti sekarang ini kita membutuhkan langkah untuk pemulihan ekonomi khususnya didesa- desa melalui kerjasama BUMDes ini dengan MOU bersama Bank BRI tbk,” Ungkap Bupati H. Askolani dalam sambutan pada acara Penandatanganan MOU dengan Bank BRI bersama BUMD dan BUMDes di gedung auditorium Pemkab Banyuasin, Rabu (18/11).

Bupati Askolani mengatakan dengan MOU ini, Kedepan melalui BUMD Banyuasin kita akan menyiapkan produk Seperti Beras dan Air mineral buatan Banyuasin, Bumdes akan kami minta sebagai agen pemasaran di setiap desa-desa. Tidak hanya itu saja melalui BUMDes dapat juga dilakukan hal yang dapat membantu masyarakat didesa seperti kerja sama dengan PT Pusri maupun SKK Migas.

“Kami berterima kasih kepada Bank BRI yang telah melakukan kerjasama dedengan pemerintah daerah dalam hal ini BUMD dan BUMDes yang ada di Kabupaten Banyuasin.
Tidak hanya dibidang bisnis saja BRI juga totalitas memberikan pembinaan kepada masyarakat”, ungkapnya.

“Sehingga MOU ini mempermudah BUMDes untuk Bangkit yang biasanya terkendala dalam Hal pendanaan”, pungkasnya.

Sementara itu Kepala Cabang BRI Cab. Sekayu Elizabet Primasari, SE menyatakan komitmen BRI yang konsisten untuk mengawal pemulihan ekonomi nasional maupun di Kabupaten Banyuasin.

“Semoga kegiatan ini bisa mewujudkan program presiden Pro BUMDes di Kabupaten Banyuasin bersama Bank BRI wilayah Kabupaten Banyuasin. Untuk Desa-desa yang belum ada BUMDes bisa berkerja sama dengan menggunakan program BRIling”, katanya.

Ia menambahkan BRI juga memiliki sarana jualan online dengan nama pasar.co.id jika BUMDes ingin mengelola kami serahkan ini Kepada Pemda lebih untuk disempurnakan.

“kami bentuk 15 pasar online di Kabupaten Banyuasin”, tegasnya.

Ketua DPRD Banyuasin Irian Setiawan berharap melalui MOU ini BUMD dan BUMDes dapat bersinergi dengan BRI agar bisa memajukan perekonomian didesa terutama di kabupaten Banyuasin.

“kami yakin kedepan akan bermunculan BUMDes yang mampu mengalahkan perusahaan-perusahan besar asalanya dari Kabupaten Banyuasin”, harapnya.