Kerajinan Anyaman Rumbai Siap Mendunia

Banyuasin III – Pembukaan Pelatihan Pengembangan Inovasi Anyaman Rumbai oleh PT. Bukit Asam, tbk Muaraenim Tahun 2020 berlangsung di kantor Desa Sidang Mas, Kecamatan Banyuasin III, Kabupaten Banyuasin, Kamis (12/11/2020).

Camat Banyuasin III, Dra. Yuni Khairani, M.Si menyampaikan rencana pelatihan anyaman rumbai ini sebenarnya telah lama direncanakan tapi dikarenakan Pandemi yang melanda, jadi kegiatan ini baru dapat dilaksanakan pada hari ini.

PT. Bukit Asam akan terus memfasilitasi pengembangan kerajian Anyaman Rumbai ini. Disetiap pameran PT. Bukit Asam akan selalu menampilkan hasil kerajinan ini. “Pelatihan ini terselenggara atas kerjasama BPD, PKK Desa dan dukungan dari Ketua TP PKK Kabupaten, dr. Sri Fitriyanti Askolani berserta masyarakat Desa Sidang Mas. Terimakasih banyak atas terselenggaranya acara ini,” ungkap beliau.

Hal senada disampaikan oleh Staf Bidang Spesialis Pengembangan Komunitas Pratama PT. Bukit Asam tbk Muaraenim, Mursandi Aris, SE menyatakan bahwa tujuan bantuan Pelatihan ini agar Anyaman Rumbai menjadi nasional bahkan internasional. “Semoga bantuan ini bermanfaat bagi semua masyarakat Desa Sidang Mas khususnya dan masyarakat Kabupaten Banyuasin umumnya,” harap Mursandi.

“Keinginan Kami dapat membantu Pemerintah Kabupaten Banyuasin untuk mengenalkan dan menjadikan Kerajian Anyaman Rumbai dikenal tingkat Nasional maupun Internasional,” semangat beliau.

Hal baik ini disambut oleh Ketua TP PKK Kabupaten Banyuasin, dr. Sri Fitriyanti Askolani. Beliau berterimakasih dan menyambut baik langkah yang dilakukan oleh pihak CSR PT. Bukit Asam yang mengadakan pelatihan bagi warga Desa Sidang Mas yang merupakan pengrajin anyaman rumbai.

“Kami berharap dengan pelatihan ini para pengrajin dapat mengembangkan usahanya dan melahirkan inovasi baru sehingga hasil pengrajin anyaman rumbai ini bisa menjadi komoditi andalan dan bisa bersaing dengan daerah lain,” ucap beliau.

” Kegiatan ini diharapkan akan memacu desa untuk menggali dan mengembangkan potensi yang dimilikinya serta dapat memperoleh masukan yang berguna bagi perkembangan dan upaya pembenahan diwaktu mendatang,” ujarnya.

“PKK Banyuasin optimis dan siap untuk kerajinan Anyaman Rumbai tampil dan dikenal secara Nasional dan Internasional. Kami akan terus mendampingi dan membina pengrajin Anyaman Rumbai untuk konsisten memanfaatkan fasilitas yang telah diberikan oleh PT. Bukit Asam,” tutup Istri nomor satu ini.

Sementara itu, Wakil Bupati Banyuasin, H. Slamet Somosentono, SH atas nama Pemerintah Kabupaten Banyuasin mengucapkan terimakasih kepada PT. Bukit Asam tbk Muaraenim yang telah memberikan pelatihan kepada masyarakat Desa Sidang Mas.

“Selamat kepada peserta pelatihan pengembangan inovasi Anyaman Rumbai ini semoga dapat mengikuti pelatihan ini dengan baik, sehingga dapat menjadi modal dalam upaya peningkatan ekonomi keluarga,” harap Slamet.

Dengan pelaksanaan kegiatan ini selanjutnya akan dapat memberikan kontribusi dalam mengembangkan Inovasi dan memanfaatkan teknologi tepat guna di Desa. “Kegiatan ini tentunya sejalan seiring dengan program Banyuasin Bangkit, Adil dan Sejahtera. Dengan meningkatkan produktivitas ekonomi rakyat dengan pemanfaatan Sumber Daya Alam,” tegasnya.

Dalam kesempatan ini diberikan bantuan berupa uang sebesar Rp. 170.000.000 kepada 10 masjid dari PT. Bukit Asam tbk Muaraenim dan 1000 Masker dari TP PKK Desa Sidang Mas.

Turut hadir FORKOPIMDA Kab. Banyuasin, Kepala OPD Kab. Banyuasin terkait, Lurah Kec. Banyuasin III, Kepala Desa Sidang Mas, Hadianto, S.Sos. M.Si dan Kades Kec. Banyuasin III, Tokoh Masyarakat dan Masyarakat Desa Sidang Mas.

 

(Diskominfo/PKP).