Kabupaten Banyuasin Siap Antisipasi Dampak Penyebaran Covid 19

Pangkalan Balai – Pemerintah Kabupaten Banyuasin telah menyiapkan antisipasi dampak penyebaran Covid 19 di Kabupaten Banyuasin melalui Rapat Koordinasi Video Conference bersama Camat, Kapolsek, Danramil dan Kepala Puskesmas di 21 Kecamatan yang digelar di Posko Covid 19, Auditorium Pemerintah Kabupaten Banyuasin, Senin (6/4).

Dalam koordinasi ini, Bupati Banyuasin, H. Askolani, SH., MH menginstruksikan kepada semua Camat agar tetap aktif memantau pendatang atau tamu dari luar daerah, anak-anak sekolah yang telah pulang dari pesantren, melaporkan kendala dan dampak yang telah muncul di masyarakat, dan menciptakan suasana tenang agar tidak berimbas lebih jauh.

“Melaporkan terus jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pemantauan (PDP) yang ada di setiap Kecamatan secara berlanjutan” perintahnya.

“Saya juga meminta agar para camat memantau alat-alat kesehatan yang kurang seperti masker, hand sanitizer dan APD jika diperlukan. Segera melaporkan supaya dapat kita atasi bersama,” harapnya.

“Supaya para camat mendata yang kena PHK dari tempat kerja, menurunnya peluang usaha, dan sulit mencari kerja. Kita akan bantu secepatnya untuk pengiriman bantuan sembako,” jelasnya.

Disampaikan bahwa di setiap Kecamatan telah dibentuk Gugus Tugas Covid 19 yang bekerja menyebar informasi protokol pencegahan Covid 19, mendata Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan membantu merawat Pasien Dalam Pemantauan (PDP) yang diduga terpapar Covid 19.

Dilanjutkan rapat koordinasi gugus tugas Covid 19. Dalam rapat ini disampaikan Pemerintah Kabupaten Banyuasin menyiapkan anggaran untuk Alat Kesehatan/APD dan penanganan kerawanan pangan sebesar kurang lebih 47 Milyar dan akan terus bertambah dari penyisiran berbagai sumber anggaran dalam rangka penanganan ekonomi dan kerawanan pangan dampak Covid 19 hingga total anggaran kurang lebih 512 Milyar.

Disampaikan bahwa Dinas Kesehatan telah menyebarkan 1000 jas hujan ke Puskesmas yang ada di Kabupaten Banyuasin, 100 pieces Rapid Test bantuan dari Kementerian Kesehatan dan Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan, 40 pieces Rapid Test dari APBD Kabupaten Banyuasin, 100 jas hujan dari Dinas Perkebunan dan Peternakan dan 100 pasang Sepatu Bot.

Untuk kesiapan Rumah Sakit dan Tenaga Kesehatan, Pemerintah Kabupaten Banyuasin menyiapkan RSUD, RS. Pratama, Puskesmas, 40 Kamar Rusunawa dan 32 Kamar Mess Pemkab untuk Ruang Isolasi Pasien Covid 19.

Saat ini Pemerintah Kabupaten Banyuasin telah siap mengantisipasi dampak penyebaran Covid 19 baik dari sosial ekonomi dan protokol pencegahan, mengatasi Covid 19 dan mengobati Pasien terpapar virus ini.

 

 

(Diskominfo/PKP)