Bupati Banyuasin: PMI Banyuasin Harus Mampu Menjadi PMI Percontohan di Sumsel

Pangkalan Balai – Pelantikan Pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Kecamatan se-Kabupaten Banyuasin periode 2020-2025 dan Musyawarah Kerja PMI Kabupaten Banyuasin Tahun 2020 berlangsung di Graha Sedulang Setudung, Senin (16/11/2020).

PMI memiliki tujuan yang mulia yakni memberikan bantuan dalam bidang Kesehatan berbasis masyarakat, diantaranya adalah mengelola unit transfusi darah secara profesional dan memenuhi standar internasional bagi keperluan pengobatan dan pemulihan kesehatan yang mencakup kegiatan-kegiatan pengerahan penyumbangan darah, pengambilan, pengamanan, pengolahan, penyimpanan, dan penyampaian darah kepada pasien melalui sarana pelayanan kesehatan serta banyak hal-hal yang menyangkut tentang kemanusiaan yang berdasarkan pedoman 7 (Tujuh) prinsip dasar gerakan palang merah dan bulan sabit merah internasional.

Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Banyuasin, dr. Sri Fitriyanti Askolani berharap PMI Kabupaten Banyuasin dapat berkembang lebih besar lagi dari apa yang ada saat ini. “Untuk mewujudkan itu semua kita butuh sarana dan prasarana yang baik dan memadai,” jelas Fitri.
“Kurangnya alat dan bahan yang ada di PMI Kabupaten Banyuasin menjadi sedikit kendala yang kami hadapi dalam membantu korban bencana, sembako yang belum tersedia di gudang, belum adanya kendaraan operasional yang memadai untuk menunjang kegiatan operasional, kurangnya sumber daya manusia yang ada di markas PMI Kabupaten Banyuasin dan unit transfusi darah mandiri,” ungkapnya.

Beliau mengungkapkan bahwa pelantikan Pengurus PMI Kecamatan dan musyawarah kerja PMI Kabupaten dalam upaya memaksimalkan kinerja PMI Kabupaten dan Kecamatan. “Setelah dilantik ini, saya minta agar para Camat di Kabupaten Banyuasin segera membentuk Palang Merah Remaja (PMR) yang ada di sekolah Kecamatan masing-masing. Yang dilantik hari ini semoga dapat bekerja dengan baik dan menjalankan program PMI sebagai organisasi kemanusiaan,” tutup beliau.

Wakil Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Sumatera Selatan, Drs. H. Fathurrahman, MM menyampaikan apresiasi tertinggi bagi PMI Kabupaten Banyuasin atas kegiatan kemanusiaan yang telah banyak dilakukan demi kemanusiaan di Kabupaten Banyuasin.

“Rencana strategis PMI Pusat salah satunya yakni pembentukan PMI Kecamatan di seluruh Indonesia. Agar 7 (Tujuh) prinsip Dasar PMI dijalankan dengan ikhlas dan sebaik-baiknya. Kegiatan hari ini juga merupakan evaluasi bagi kinerja PMI di Kabupaten Banyuasin. Selamat atas dilantiknya pengurus Kecamatan PMI Kabupaten Banyuasin,” ucapnya.

“Saya sebagai Wakil Ketua Provinsi Sumsel sangat bangga akan kinerja yang telah dijalankan. Kegiatan dari penanggulangan penyebaran Covid 19 begitu maksimal telah dilakukan. Kami nilai sukses pembinaan Ketua PMI Kabupaten Banyuasin. Selamat bekerja, teruskan tingkatkan pelayanan kemanusiaan kepada masyarakat Kabupaten Banyuasin,” puji Fathurrahman.

Sementara itu, Bupati Banyuasin, H. Askolani, SH, MH mengucapkan selamat bagi Relawan PMI Kecamatan yang dilantik hari ini. “Hari ini kita melakukan 2 (Dua) kegiatan sekaligus yang kedua-duanya penting. Sebagai pelindung, saya berpesan agar PMI Kabupaten Banyuasin dapat melaksanakan Musyawarah Kerja dengan sebaik-baiknya agar dapat mengevaluasi kegiatan yang sudah dilaksanakan dan menyusun rencana kerja tahunan,” pinta Askolani.

“PMI juga perlu melakukan peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia khususnya sukarelawan sebagai ujung tombak pelayanan PMI di garda terdepan, PMI Kabupaten Banyuasin harus mampu memberikan pelayanan prima kepada masyarakat yang membutuhkan pertolongan,” tegasnya.

“PMI Banyuasin hendaknya menjadi PMI percontohan di Sumatera Selatan dan bekerja seiring dengan program Banyuasin Bangkit, Adil dan Sejahtera. PMI organisasi yang sangat mulia, organisasi
kemanusiaan yang ikhlas bekerja membangun negeri. Saya bangga dengan Pengurus yang telah dilantik hari ini, mampu memberikan waktu, tenaga dan pemikirannya,” tutup orang nomor satu ini.

Turut hadir Wakil Bupati Banyuasin, H. Slamet Somosentono, SH, Unsur FORKOPIMDA Kab. Banyuasin, Kepala OPD Kab. Banyuasin, Tokoh Masyarakat, KH. Kaharudin Aziz, Pengurus PMI Kabupaten dan Kecamatan serta Relawan PMI Kabupaten Banyuasin.

(Diskominfo/PKP).