Bupati Banyuasin dan Wakil Bupati Resmikan Jalan Poros Sungai Dua-Prajen

Banyuasin-Jalan poros Sungai Dua – Prajen Kecamatan Rambutan yang dibangun Pemerintah Kabupaten Banyuasin dengan panjang 3,820 kilometer akhirnya rampung dan diresmikan oleh Bupati Banyuasin, Askolani.

Bupati Banyuasin H. Askolani, SH., MH mengatakan bahwa, jalan poros tersebut merupakan satu dari tujuh jalan poros yang dibangun oleh Pemkab Banyuasin melalui program Infrastruktur Bagus. Dengan adanya jalan poros ini, estimasi yang menghubungkan kedua wilayah tersebut kini menjadi lebih singkat.

“Dimana pembangunan jalan poros Sungai Dua – Prajen di Kecamatan Rambutan tersebut merupakan salah satu dari tujuh jalan poros yang dibangun dengan menggunakan dana pinjaman dari Bank Sumsel Babel senilai Rp288 miliar dan enam jalan poros lagi dalam tahapan penyelesaian dan juga nantinya akan kita resmikan pemakaiannya,” jelasnya.

“Melalui program Infrastruktur  Bagus, mudah-mudahan semua jalan penghubung di wilayah Banyuasin akan mulus dengan harapan perekonomian masyarakat makin baik dan sejahtera. Pemkab Banyuasin terus menggenjot pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan untuk membuka akses bagi masyarakat. Tujuh jalan poros yang saat ini sudah ada, kata Askolani, pihaknya juga mengupayakan membuka jalan poros lainnya sehingga akses masyarakat akan semakin mudah.”katany.

“Saat ini kondisi jalan di Kabupaten Banyuasin 80 persen rusak, yang baik itu hanya sekitar 20 persen saja. Jumlah jalan yang rusak itu mulai dari rusak ringan, sedang hingga berat berkubangan lumpur. Maka pembangunan akan terus kita lakukan secara bertahap dengan skala prioritas,” tegasnya.

“Beliau meminta masyarakat agar menjaga dan merawat jalan yang sudah dibangun sehingga bisa bertahan lama dengan tidak membawa muatan barang melebihi tonase jalan. Jalan kita ini paling maksimal 8-12 ton, kalau lebih dari itu dipastikan cepat rusak, maka mari kita jaga dan kita rawat secara bersama-sama”. ungkapnya.

“Pihaknya juga tengah merencanakan pembangunan jalan poros lainnya yakni jalan poros Karang Agung Ilir – Pelabuhan TAA Sungsang yang kemarin sudah kami dilaunching. Kemudian jalan poros Makartijaya – Air Saleh, jalan poros Muara Telang – Sumber Marga Telang dan jalan poros Tungkal Ilir”. Jelasnya.