Berita

Pimpin Rembuk Stunting, Hani Minta Keseriusan dan Komitmen Para Stakeholder

Pangkalan Balai – Sebagai upaya percepatan penurunan angka stunting di Kabupaten Banyuasin, Pemerintah Kabupaten Banyuasin menggelar rapat dan rembuk stunting bersama yang berlangsung di Ruang Rapat Guest House Rumah Dinas Bupati Banyuasin Jumat (13/6/2024).

Rapat yang dihadiri Sejumlah Kepala Perangkat Daerah (KPD), dan Camat se-Banyuasin tersebut dipimpin langsung oleh Penjabat Bupati Banyuasin H. Hani S Rustam, SH, untuk mengambil langkah konkrit dalam peningkatan koordinasi serta kolaborasi dalam penurunan angka stunting di Bumi Sedulang Setudung.

Pj Bupati Banyuasin dalam arahannya meminta kepada Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Banyuasin, bersama-sama dengan bidan desa, petugas gizi puskesmas, petugas KB, Tim Pendamping Keluarga (TPK) dan Kader Pembangunan Manusia (KPM) untuk melakukan penelusuran dan menemukan bayi/ balita yang berisiko stunting serta keluarga berisiko stunting sehingga bisa terdeteksi dengan cepat, agar bisa segera ditanangani.

“Untuk para camat selaku Ketua TPPS Kecamatan, kami minta untuk memfasilitasi, mengkoordinir dan memastikan intervensi baik spesifik maupun sensitif terakomodir,” ucapnya.

Dirinya mengharapkan semua pemangku kepentingan dapat mengambil perannya masing-masing, dengan meniru praktik baik yang telah dilakukan di daerah-daerah lain serta menciptakan inovasi baru, sehingga percepatan penurunan stunting di Kabupaten Banyuasin dapat tercapai sesuai dengan target yang telah ditetapkan.

“Ayo kita bersinergi saling berjibaku melaporkan data yang konkrit dan sesuai dengan tupoksi, sejak dini susun strategi dan sinergi agar semua lini bergerak cepat dalam penanganan penurunan stunting dan lakukan koordinasi dengan berbagai pihak serta lakukan evaluasi dan laporkan,” tegasnya.

Diketahui, dalam rapat tersebut juga dilaksanakan penandatanganan secara simbolis kesepakatan dan komitmen bersama rembuk stunting Kabupaten Banyuasin yang dilakukan oleh Pj Bupati Banyuasin, Kapolres, Dandim, dan KPD Banyuasin.

Share :