Berita

Pj. Bupati Banyuasin: Susur Sungai Musi Bermanfaat Bagi Masyarakat Banyuasin Terutama Daerah Pesisir.

Palembang – Dalam upaya mempermudah masyarakat dalam Penyediaan Pecahan Rupiah, Bank Indonesia menggelar kegiatan Susur Sungai Musi yang menjangkau masyarakat kota Palembang dan Kabupaten Banyuasin Daerah Pesisir dengan melepas Tim Susur Sungai Musi dalam rangka Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul Fitri (Serambi) 2024 diselenggarakan di Dermaga River Side Resto, Selasa (26/03/2024).

Dalam kegiatan ini, Bank Indonesia berkolaborasi dengan Lanal Palembang, Pemerintah Kota Palembang dan Kabupaten Banyuasin guna mempermudah masyarakat mendapatkan kesediaan pecahan rupiah dan kelayakan edar rupiah serta mengedukasi masyarakat untuk bijak dalam penggunaan rupiah.

Penjabat Bupati Banyuasin, Hani Syopiar Rustam, SH berharap semoga kegiatan Susur Sungai Musi dalam mempermudah masyarakat mendapatkan kesediaan rupiah menjadi skala periodik dengan skala kecil agar dapat bermanfaat untuk masyarakat Banyuasin.

Selain itu, tidak hanya menukar uang dan membagi sembako, tapi disarankan juga untuk dapat mencermati sehingga mampu menyerap aspirasi di daerah perairan terkait kebutuhan pinjaman. Ini dapat menjadi atensi perbankan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

“Saya juga menghimbau masyarakat umum untuk dapat bijak dalam berbelanja terutama di Bulan Ramadhan dan Idul Fitri. Kegiatan ini sungguh sangat bermaafaat di daerah pesisir Banyuasin. Selamat dan sukses Serambi, semoga terus berkelanjutan. Alhamdulillah, Serambi dapat menyentuh Muara Padang, Sungai Baung, Jalur II, ” ucap Ayah 3 Anak ini.

Pemkab Banyuasin mengapresiasi kegiatan BI yang memberikan kemudahan dengan menyusuri Sungai Musi, dengan hadirnya kegiatan ini dapat bermanfaat terutama di Bulan Ramadhan dan menghadapi Idul Fitri yakni ketersediaan tukar uang dapat menjangkau daerah pengairan.

Banyuasin mempunyai ciri khas tersendiri yakni burung migrain dari Siberia yang tidak dimiliki oleh daerah lain. Kedepan, semoga bisa kerja sama dengan BI untuk kegiatan Susur Sungai dengan melihat langsung Burung Siberia.

Pelaksa Lanal Palembang, Letkol Laut (P) Yusan Taufik menyampaikan kegiatan dengan Bank BI ini sudah ke 4, alhamdulillah sudah diterima masyarakat dan sebagai bukti bahwa TNI dihati masyarakat dan semoga kegiatan memiliki manfaat nyata bagi masyarakat.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia, Ricky P. Gozali menyampaikan bahwa tugas BI yakni menyediakan pecahan rupiah dan kondisi layak edar. Tugas ini menjadi penting saat di bulan Ramadhan, untuk Sumsel sudah disiapkan yakni kami sudah naikkan 12℅ untuk kesediaan uang pecahan.

“Kami lakukan Susur Sungai Musi ini sudah ke 4 kali dari tahun 2023. Kegiatan ini menjadi terbaik di Indonesia tahun 2023 dan menjadi contoh bagi daerah lain di Indonesia yang tinggal di pesisir sungai, ” jelasnya.

Ucapan terima kasih oleh Penjabat Walikota Palembang, Drs. H. Ratu Dewa, M. Si. dengan adanya kegiatan ini dan Pemerintah Kota Palembang akan mengadakan inovasi dalam meningkatkan agar jadi destinasi wisata lokal terutama Pulau Kemaro.

Semoga kegiatan ini dapat kita tingkatkan dengan inovasi yang ada. Kegiatan ini melahirkan budaya kota Palembang yakni Susur Sungai Musi, ada nilai wisatanya agar dapat memberikan impact yang besar kepada masyarakat dengan ditompang BI dan Lanal.

(Diskomimfo.SP/ lKP)

Share :