Berita

Tekan Laju Inflasi Daerah, Pemkab Banyuasin Kembali Gelar Operasi Pasar Murah

SEMBAWA – Dalam upaya menekan laju inflasi daerah, Pemerintah Kabupaten Banyuasin (Pemkab) melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) kembali menggelar Operasi Pasar Murah berupa paket murah bahan-bahan pokok yang dilaksanakan di Desa Mainan, Kecamatan Sembawa, Rabu (21/2).

Operasi pasar murah terus digelar adalah salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Banyuasin dalam mengendalikan perekonomian masyarakat dan menekan inflasi daerah. Penjabat (Pj) Bupati Banyuasin H. Hani Syopiar Rustam, SH didampingi Sekretaris Daerah Ir. Erwin Ibrahim, ST.,MM.,M.BA.,IPU.,ASEAN Eng melihat langsung dan bercengkrama dengan para pembeli yang begitu antusias dan ramai menyerbu pasar murah.

Dalam kesempatan ini, Pj. Bupati Banyuasin Hani Syopiar Rustam mengatakan bahwa operasi pasar reguler dan khusus akan digelar disemua Kecamatan yang ada di Kabupaten Banyuasin, bertujuan untuk membantu meringankan beban masyarakat khususnya masyarakat dengan ekonomi menengah kebawah. Ini adalah bentuk perhatian dari Pemerintah Daerah dalam membantu meringankan beban masyarakat di karenakan harga bahan pokok yang melonjak tinggi.

“Tentunya antusias masyarakat sangat luar biasa, hal ini dikarenakan operasi pasar murah seperti ini sangat membantu ditengah melejitnya harga bahan pokok mendekati bulan ramadhan sekaligus membantu mengendalikan inflasi daerah. Operasi pasar ini akan kita lakukan disemua Kecamatan di Kabupaten Banyuasin dengan sasaran masyarakat dengan ekonomi menengah kebawah, ini suatu upaya Pemkab Banyuasin agar masyarakat dapat terbantu serta keberlangsungan hidup masyaraka dapat terus berjalan,” ungkap Pj. Bupati Hani.

Dijelaskan Hani S Rustam, operasi pasar ini adalah wujud intervensi dari Pemerintah Daerah ditengah kenaikan harga terutama untuk mengendalikan inflasi daerah. Hal ini sesuai dengan intruksi Presiden Joko Widodo yang telah menginstrusikan agar melaksanakan operasi pasar besar-besaran untuk kendalikan harga bahan pokok diberbagai daerah sehingga bisa menstabilkan harga-harga.

“Tujuannya adalah untuk memudahkan masyarakat mendaptkan bahan kebutuhan pokok dengan harga yang relatif terjangkau. Disamping itu pula kehadiran operasi pasar murah ini bila dibanding dengan pasar umum harganya relatif lebih murah dan terjangkau, karena adanya subsidi dari Pemerintah,” ujarnya.

Sementara itu, Hj. Komariah masyarakat Desa Mainan mengaku terharu dan merasa terbantu dengan adanya operasi pasar murah yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Banyuasin. Ia mengungkapkan apresiasi dan rasa terima kasihnya karena telah membantu dirinya serta masyarakat Desa Mainan.

“Melalui operasi pasar murah ini kami bersyukur dan senang sekali karena sudah dibantu dengan harga yang lebih murah ditengah kenaikan harga, dalam hal ini Pemerintah menunjukkan kepedulian kepada kami sehingga bisa mendapatkan beras, gula, minyak, cabe, sayur dengan harga murah. Kedepan semoga terus ada operasi pasar murah seperti ini dan dapat kembali digelar,” ungkapnya.

Adapun paket sembako yang dijual dioperasi pasar murah terdiri dari gula , tepung terigu, minyak sayur, beras 5kg, cabe, sayur, dan pelayanan kolaboratif lainnya. Telah bekerjasama dengan Bulog, Perumda Sei Sembilang, PT Sungai Budi, CV Amersa dan Dinas terkait.

Turut hadir mendampingi Kadis Diskoperindag-UKM, Kadis DPMPTSP, Kadis Diskan, Kadis DKP, Kadis DTPH, Kadis DP2PAP2KB diwakili Kabid, Kadis Dinsos, Kabag Perekonomian & SDA, Camat Sembawa, Kepala Desa Mainan.
(Diskominfo SP/IKP).

Share :