Berita

Pimpin Apel Gabungan Perdana Awal Tahun 2023, Wabup Banyuasin Minta ASN fokus pada hal-hal Berkaitan Pembangunan Sesuai Visi-Misi Banyuasin Bangkit

PANGKALAN BALAI — Pemerintah Kabupaten Banyuasin menggelar apel gabungan perdana di awal tahun 2023, yang berlangsung di halaman kantor bupati, Senin (17/01/2023).

Apel gabungan perdana dipimpin Wabup Banyuasin H.Slamet Somosentono yang dalam amanatnya menyebutkan bahwa beberapa minggu yang lalu telah terjadi pergantian tahun, dari tahun 2022 ke tahun 2023 masehi, banyak pengalaman, pengajaran dan hikmah yang dapat diambil dari tahun 2022 termasuk pekerjaan dalam pengabdian sebagai ASN untuk berbakti kepada masyarakat.

Wabup H.Slamet Somosentono, meminta kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN), agar dalam tahun 2023 ini lebih fokus pada hal-hal utama yang berkaitan dengan pembangunan yang akan kita lakukan guna mewujudkan visi dan misi Kabupaten Banyuasin 2018-2023 Banyuasin Bangkit Adil dan Sejahtera. serta meningkatkan kinerja sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing serta meningkatkan pengabdiannya kepada negara dan masyarakat.

“Dalam mewujudkan hal tersebut diperlukan proses dan dukungan dari semua pihak dan ada beberapa hal yg ingin saya sampaikan seperti:

1. Terkait dengan tahapan pembangunan mulai dari tahap perencanaan, karena perencanaan merupakan salah satu tahapan yang penting dalam pembangunan, karena perencanaan yang baik adalah awal keberhasilan pembangunan.

2. Pada awal tahun ini kita akan memulai tahapan pembangunan untuk tahun 2024, dimulai dari penginputan usulan masyarakat / desa yang telah dilaksanakan secara sistem melalui SIPD RI sepaniang bulan November dan Desember 2022.

3. Pada tahun 2023 ini juga merupakan agenda yang cukup padat bagi perencanaan dikarenakan tahun ini selain penyelesaian dokumen perencanaan tahunan yakni Rencan
Keria Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2024.

4.selanjutnya RKPD tahun 2024 yang ditetapkan nanti akan menjadi dasar penyusunan Kebijakan Umum Anggaran (KUA)
dan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara
(PPAS) Tahun Anggaran 2024.

5. Dan apa yang telah kita capai ditahun-tahun yang lalu agar dijadikan bahan evaluasi kineria dari penetapan visi dan misi yang telah ditetapkan, dan agar tolok ukur kita bersama dalam menyusun perencanaan kedepan sehingga apa yang direncanakan itulah yang akan dilaksanakan dan apa yang akan dilaksanakan telah melalui proses
perencanaan. Sehingga pembangunan yang kita laksanakan memiliki manfaat dan dampak terhadap masyarakat Banyuasin sekaligus meningkatkan Reformasi Birokrasi di masa yang akan datang”, jelasnya.

Selain itu, Wabup H.Slamet mengajak di tahun 2023 ini sebagai momentum untuk meningkatkan kualitas pengabdian kita, baik sebagai aparatur pemerintah, maupun sebagai abdi negara dan abdi masyarakat, juga wajib meningkatkan disiplin dan prestasi kerja, karena peningkatan disiplin dan prestasi kerja merupakan tuntutan yang tidak boleh diabaikan oleh setiap abdi negera dan abdi masyarakat.

Di akhir amanatnya, H.Slamet menghimbau kepada ASN untuk berbenah ke arah yang lebih baik lagi, dimulai dari hal-hal yang kecil, seperti disiplin dalam menaati jam kerja, cara berpakaian, warna sepatu dan atribut lainnya sebagaimana diatur dalam ketentuan yang berlaku seperti Peraturan Pemerintah Nomor 94 Tahun 2021 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil dan Peraturan Presiden Nomor 81 Tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi 2010-2025.

“Bahwa dengan peningkatan disiplin akan membawa perubahan yang lebih baik guna tercapainya peningkatan kinerja tugas pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat serta untuk mendukung terwujudnya birokrasi yang efisien, efektif, dan rasional dan semoga ASN dapat melaksanakannya demi kemajuan Kabupaten Banyuasin serta terwujudnya kesejahteraan bagi masyarakat,” tutupnya.