Berita

Inilah Syarat untuk Pengajuan Lelang Barang dan Jasa di Banyuasin

Pangkalan Balai – Pemkab Banyuasin di tahun 2023, mengharapkan seluruh lapisan pelaku usaha baik itu perorangan maupun badan usaha, untuk mendaftarkan diri ke Unit Kerja Pengadaan Badan dan Jasa Banyuasin.

Melalui link yang telah tersedia baik itu LPSE maupun e-katalog lokal Banyuasin, sehingga seluruh dinas dan badan yang ada di Kabupaten Banyuasin bisa membeli barang dan jasa sesuai kebutuhan masing-masing.

Kepala Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa Banyuasin Yulinda, SKM., M.Si, CPSP., CCMS, menjelaskan bahwa pengadaan barang/jasa yang proses transaksinya dilakukan melalui e-katalog lokal Banyuasin adalah barang/jasa yang standar atau dapat distandarkan serta bersifat rutin atau berulang. Jadi pelaku usaha bisa mendaftarkan produk nya sesuai dengan kategori yang tersedia dalam etalase di katalog lokal. Untuk pelaksanaan transakasi katalog elektronik lokal dilakukan dengan metode e-purchasing tanpa adanya batasan nilai. Untuk transaksi dengan nominal di bawah 200 juta dilaksanakan oleh pejabat pengadaan sedangkan untuk nominal diatas 200 juta dilaksanakan oleh pejabat pembuat komitmen melalui akun lpse.

Saat ini ukpbj sedang menjadwalkan untuk dapat dilaksanakannya workshop atau pelatihan yang diperuntukkan bagi PPK, pejabat pengadaan dan bendahara serta pelaku usaha termasuk rekan2 media yang telah memiliki akun lpse maupun yang sudah terdaftar di katalog lokal terkait tata cara pendaftaran/penayangan serta transaksi melalui katalog lokal dengan melibatkan narasumber dari lkpp. Untuk itu, kami sangat mengharapkan respon dan kerjasama dari teman2 pelaku usaha untuk berpartisipasi pada acara tersebut.

“Untuk pendaftaran awal, bisa langsung mendaftar di link LPSE. Link pendaftarannya yakni http://lpse.banyuasinkab.go.id/eproc4/, mengisi sesuai dengan kategori barang atau jasa yang ditawarkan,” katanya, Rabu (18/1/2023).

Setelah mendaftar di link http://lpse.banyuasinkab.go.id/eproc4/, barulah pihak penyedia barang dan jasa datang langsung ke Unit Kerja Pengadaan Badan dan Jasa Banyuasin.

Tujuannya, untuk langsung melakukan verifikasi dan menerima link e-katalog lokal Banyuasin. Setelah berkas dinyatakan lengkap, nantinya penyedia barang dan jasa akan mendapatkan link e-katalog lokal Banyuasin.

Link e-katalog lokal inilah yang nantinya digunakan penyedia barang dan jasa, untuk menawarkan semua prodaknya kepada seluruh jajaran dinas dan badan di Banyuasin.

“Nanti, dinas yang bersangkutan bisa memilih dengan membuka e-katalog lokal tersebut barang dan jasa apa yang dibutuhkan. Misal media, menawarkan iklan baik dalam bentuk banner, advetorial dan semacamnya itu di upload ke link e-katalog lokal Banyuasin,” jelasnya.

Penggunaan e-katalog lokal ini, sebagai upaya dari pemerintah pusat dan juga pemerintah daerah untuk menyamakan kesempatan kepada penyedia barang dan jasa agar bisa digunakan dinas dan badan yang ada di Banyuasin.

Adapun syarat daftar LPSE yang harus dipenuhi penyedia barang dan jasa antara lain sebagai berikut :

Badan Usaha :
-akta pendirian perusahaan atau -akta perubahan bila ada
-KTP Direktur
-NPWP Perusahaan
-Nomor Induk Berusaha atau NIB
-Surat Keterangan Terdaftar Kemenkumham
-Surat Kuasa bila diwakilkan

Perorangan :
-KTP Pelaku Usaha
-NPWP Perorangan
-Surat Keterangan Usaha
-Nomor Induk Berusaha atau NIB