Berita

Wakil Bupati Banyuasin Ingatkan Pentingnya Toleransi Dan Kerukunan Antar Umat Beragama

MAKARTI JAYA – Wakil Bupati Banyuasin, H. Slamet Somosentono, SH meresmikan Kampung Toleransi dan Dialog Umat Beragama bertempat di Aula Kantor Camat Kecamatan Makarti Jaya, Kamis (8/12).

Dihadapan para pemimpin agama yang ada diwilayah Kecamatan Makarti Jaya, H. Slamet Somosentono menyampaikan melalui dialog lintas agama dan pembentukan kampung toleransi ini mengajak seluruh komponen masyarakat untuk hidup berdampingan ditengah masyarakat yang berbeda agama, suku, ras dan adat istiadat dalam situasi dan kondisi yang rukun.

Dengan kerukunan kita dapat mengatasi semua permasalahan secara arif dan bijaksana. Demi menciptakan suasana yang damai dalam bermasyarakat serta meningkatkan rasa aman bagi umat dalam melaksanakan ibadah.

“Pemkab berharap para ulama umaro dan majelis agama serta pengurus kampung toleransi yang sudah dilantik sebagai mitra pemerintah. Terkhususnya dibidang agama untuk selalu proaktif mencari solusi terhadap aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat melalui bimbingan dan pembinaan masing-masing umat dalam mengamalkan ajaran agama secara proporsional dan berkoordinasi dengan stakeholders terkait,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Wabup juga mengharapkan agar bisa mewujudkan masyarakat yang baik hendaknya setiap umat beragama menjalankan kehidupannya sesuai dengan ajaran agama yang dianutnya masing-masing. Intinya adalah saling menghormati dan menghargai antar pemeluk agama.

“Kehidupan beragama di Kabupaten Banyuasin saat ini dalam suasana yang relatif kondusif ini semua karena peran tokoh atau pemuka agama dan majelis agama dari masing-masing agama,” jelasnya.

“Adanya peresmian kampung toleransi dan dialog umat beragama ini diharapkan dapat meminimalisir konflik yang terjadi supaya Kabupaten Banyuasin tetap kondusif agar terciptanya suasana yang damai dalam bermasyarakat. Menjaga harus tetap komunikasi dan koordinasi antar masyarakat, tokoh agama dan pemerintah daerah berjalan baik maka persatuan dan kesatuan umat akan terus terjalin dengan baik,” ujarnya.

Dikesempatan yang sama, sambutan dari Ketua FKUB Banyuasin, Ir. H. Supartijo mengatakan selamat kepada 12 orang pengurus kampung toleransi yang telah dilantik dan dikukuhkan pada hari ini. Semoga bisa mengemban dan melaksanakan tugas yang telah diberikan dengan sebaik-baiknya, ini pelantikan dan pengukuhan ke 2 (Dua) yang telah dilantik Pemkab Banyuasin.

Pelantikan 1 (Pertama) di Kecamatan Air Kumbang. Semoga bisa berjalan sebagaimana mestinya dengan toleransi yang tinggi dengan berbagai suku dan agama. Selama ini kita sudah rukun dan damai, untuk itu harus tetap kita jaga demi terwujudnya NKRI.

“Telah dilantik dan dikukuhkan pada hari ini, diharapkan agar tetap menjunjung toleransi, tetap menjunjung tinggi rasa tenggang rasa, saling menghormati antar umat beragama dan tetap berpegang teguh dengan hakikat masing-masing. Tentunya bisa bersinergi dengan visi misi Bupati dan Wabup karena dengan terselenggaranya kegiatan ini menjadi pilioner untuk desa lain dan Kecamatan lain untuk tetap saling guyub dan menghargai yaitu Bhineka Tunggal Ika,” ujarnya.

Pada kesempatan ini juga diberikan bantuan uang tunai senilai Rp. 4.000.000 rupiah yang langsung diserahkan oleh Wakil Bupati Banyuasin H. Slamet Somosentono.

Turut hadir mendampingi Kaban Kesbangpol H. Adam Ibrahim, SE.,M.SI, Kemenag Banyuasin Diwakili Kasubag TU Drs. Iskandar Mahmuddin, M.SI, Kabag Kesra Sas Hadiman Ralibi, S.Ag.,M.SI, Camat Makarti Jaya Supandi, S.Sos.,M.SI, Kapolsek Makarti Jaya AKP Husin, SH, Danramil Makarti Jaya Kapten. INF Pringgo Budi, Para Lurah, Kepala Desa Sekecamatan Makarti Jaya, Ketua Pengurus Kampung Toleransi Umat Beragama H. Arse, Para Peserta Dialog, Pendeta Albert David Purba, Para TP-PKK Sekecamatan Makarti Jaya.

 

 

(Diskominfo/IKP).

Share :