Berita

Wakil Bupati Banyuasin Buka Rapat Koordinasi (Rakor) Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Banyuasin Tahun 2022

banner website banyuasin

PALEMBANG – Pemerintahan Kabupaten Banyuasin melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda). Rapat ini dibuka langsung oleh Wakil Bupati Banyuasin, H. Slamet Somosentono bertempat di Hotel Ballroom Rid’s Palembang, Kamis (29/12).

Dengan tema “Sinergitas Forkopimda Kabupaten Banyuasin Dalam Menghadapi Pemilu Dan Pilkada Serentak Tahun 2024 Di Kabupaten Banyuasin”.

Wakil Bupati Banyuasin, H. Slamet membuka langsung Rapat Koordinasi (Rakor) Forkopimda bersama Camat, Lurah dan Kades dalam Kabupaten Banyuasin untuk mewujudkan visi dan misi Presiden RI periode 2019-2024. Ditingkat Pemerintah Daerah baik Provinsi ataupun Kabupaten Kota diseluruh wilayah Indonesia serta menyamakan persepsi program pembangunan dimasa yang akan datang.

“Dalam rangka menyelaraskan program Nasional dan Daerah, Pemerintah Kabupaten Banyuasin memiliki visi dan misi serta program prioritas Bupati dan Wakil Bupati Banyuasin periode 2019-2024 yaitu menuju Banyuasin Bangkit, Adil, dan Sejahtera yang tertuang dalam 7 (Tujuh) Program Prioritas dan 12 (Dua Belas) Gerakan Bersama Masyarakat,” katanya.

Dilanjutkan Wabup, menghadapi pemilu 2024, Natal 2022 serta Tahun Baru 2023 adalah hajat kita yang perlu perhatian ekstra karena menyangkut kita sebagai pelayan masyarakat, oleh karena itu acara pada saat ini menjadi penting untuk didialogkan agar memberikan pelayanan maksimal dan solusi yang terbaik. Selain itu juga tujuan kegiatan ini merupakan wadah silaturahmi sesama unsur Forkopimda dalam upaya mencegah situasi dan kondisi Kabupaten Banyuasin menjelang tahun baru.

“Rapat Forkopimda ini memiliki nilai strategis dan diharapkan dapat menghasilkan keputusan yang mampu mewujudkan situasi yang kondusif di Kabupaten Banyuasin. Dalam membangun bangsa baik fisik maupun non fisik serta menjaga ketertiban sosial kerukunan dan persatuan kesatuan bangsa dalam kerangka NKRI,” ungkapnya.

Sementara itu, Irian Setiawan, SH.,M.SI selaku Ketua DPRD Kabupaten Banyuasin menyampaikan peranan DPRD dalam pemilihan umum dan pemilihan Kepala Daerah serentak di Kabupaten Banyuasin dengan pemilu bermartabat dan pemilu smart. Tata kelola pemilu yang bermartabat membutuhkan sinergi dari semua elemen sinergi harus juga amanah dalam menjalankan mandat rakyat. Pemilu merupakan bagian dari pesta demokrasi, penjabaran dari hak konstitusional setiap warga negara yang dijamin oleh konstitusi.

“Tidak hanya pemilu bermartabat yang diharapkan namun juga pendidikan politik yang dilakukan dapat menciptakan pemilih yang cerdas atau smart. Pemilu bermartabat pemilih smart merupakan inti dari upaya mewujudkan terpenuhinya hak konstitusional setiap warga,” ujarnya.

Dandim 0430 Banyuasin, Letkol Czi Agus Suwanto, ST.,M.IP dalam laporannya mengatakan bahwa selain untuk membicarakan hal-hal terkait persiapan kondisi Kamtibmas setelah hari besar keagamaan, rapat ini juga sebagai wadah untuk meningkatkan solidaritas dan sinergi antara Forkopimda dengan Pemerintah Kabupaten Banyuasin.

“Melalui rapat ini, kita tetap menjaga solidaritas dalam mewujudkan masyarakat Banyuasin aman, dengan pergantian tahun menuju 2023 diharapkan tidak ada kekacauan dan tetap kondusif serta pemilu 2024 mendatang bisa terlaksana dengan baik,” pungkasnya.

Turut Hadir Badan Intelijen Daerah Sumsel Korwil Palembang Mayor Mulyawan, SE, Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Banyuasin Agus Widodo, SH.,MH, Kapolres Banyuasin Diwakili Kabag OPS Kompol Roy Aprian Tambunan, SP.,SIK, Kemenag Banyuasin Drs. H. Teri Taswin, M.Pd.I, Kadis Kesbangpol, Kadis Koperindag, Kadis PMD Diwakili, Kabag Tapem, Camat Talang Kelapa, Camat Sembawa, Camat Tanjung Lago, Ketua FKUB Banyuasin, Lurah Sukamoro, Lurah Sukajadi Timur, Lurah Rawah Maju, Lurah Air Batu Jaya, Lurah Air Batu, Lurah Tanahmas, Kepala Desa Se-Kecamatan Sembawa. (Diskominfo/IKP).

Share :