Berita

Diskominfo_SP Kabupaten Banyuasin Siap Laksanakan Dan Dukung SP4N LAPOR!

Palembang – Guna pemantapan peningkatan kualitas sumber daya manusia di bidang Teknologi Informasi dan menciptakan inovasi dalam pelayanan publik dilaksanakan rapat koordinasi SP4N LAPOR! se-Sumatera Selatan Tahun 2022 digelar di Hotel Santika Palembang, Kamis (24/11).

Rapat ini dihadiri oleh seluruh Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian se-Sumsel dan jajaran terkait lainnya sebagai perwujudan dan komitmen Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dalam mengevaluasi dan penguatan kelembagaan serta berkolaborasi untuk mensosialisasikan SP4N LAPOR! serta mencari solusi yang tepat dalam kendala/permasalahan pengelolaan pengaduan.

Kepala Dinas Kominfo_SP Sumsel, H. Achmad Rizwan, S. STP., MM menyampaikan bahwa maksud dan tujuan dari rapat koordinasi SP4N LAPOR! yakni:
1. Melakukan sosilisasi dan penguatan kelembagaan pengelola SP4N LAPOR! se-Sumsel.
2. Merumuskan Rencana Kerja dan Road Map SP4N-LAPOR! SP4N LAPOR! se-Sumsel Tahun 2022-2024.
3. Membangun sinergi dan kolaborasi SP4N-LAPOR! di Kabupaten/Kota serta menciptakan Inovasi dalam pelayanan publik.
4. Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia di Bidang Teknologi Informasi kepada desa/kelurahan.Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia di Bidang Teknologi Informasi kepada desa/kelurahan.

“Selain itu juga meningkatkan kualitas SDM masyarakat yang sehat, berpendidikan serta profesional dan kemudian mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bebas korupsi, kolusi dan nepotisme dengan mengedepankan transparansi dan akuntabilitas yang didukung aparatur pemerintahan yang jujur, berintegritas dan responsif,” jelasnya.

Sementara itu, Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Bapak Dr. Ir. H. Firmansyah, M.Scuntuk menegaskan bahwa Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional melalui Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N-LAPOR!) adalah sarana aspirasi dan pengaduan berbasis online yang dijalankan dengan prinsip mudah, terpadu, dan tuntas. LAPOR! dikelola dan dikembangkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi bersama Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Kominfo, Kantor Staf Presiden, dan Ombudsman RI sebagai saluran partisipasi masyarakat untuk pengawasan pembangunan dan pelayanan publik di Indonesia dan khususnya di Provinsi Sumatera Selatan.

“Pengelolaan pengaduan itu penting karena menjadi muara dari perbaikan atau reformasi birokrasi khususnya pelayanan publik, juga sebagai upaya meningkatkan kepercayaan masyarakat. Ketika ada pengaduan, maka hal tersebut bisa menjadi dasar dari pengambilan keputusan atau kebijakan dari pemerintah daerah, karena belum tentu program yang dilaksanakan pemerintah sempurna,” jelasnya.

“Kehadiran aplikasi LAPOR! khususnya di Sumatera Selatan ini sebagai solusi dalam menghadapi tantangan pengelolaan pengaduan, sehingga ada kalanya pengaduan tersebut menjadi bahan pijakan dalam mengambil kebijakan. Tim Koordinasi SP4N LAPOR! sudah memberikan pengelolaan yang terbaiknya selain internal ke dalam dengan memberikan Bimtek dan Coaching ke OPD dan Kabupaten/Kota,” paparnya.

Untuk melanjutkan program tersebut pada hari ini, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Selatan melaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi SP4N LAPOR! se-Sumatera Selatan. Melalui kegiatan ini diharapkan di Tahun 2022 ditekankan partisipasi dari masyarakat berupa peningkatan kuantitas dan kualitas pengaduan dari masyarakat secara merata.

Ditemui ditempat yang sama, Kepala Dinas Kominfo_SP Kabupaten Banyuasin, Dr
H. Salni Fajar, S. Ag, M.H.I menyatakan kesiapan dalam pelaksanaan SP4N LAPOR! dan mendukung penuh serta siap berkoordinasi dan bersinergi dalam menjawab tantangan baik pengelolaan pengaduan, peningkatan pelayanan publik dan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia di Bidang Teknologi Informasi kepada desa/kelurahan di Lingkup Pemerintah Kabupaten Banyuasin.

“Dengan diadakannya rapat ini tentu kita jadi tahu dan mendapatkan pengarahan yang lebih baik dalam peningkatan SP4N LAPOR!. Terima kasih atas pembekalan ini dan kita harap dapat memberikan pelayanan masyarakat yang baik,” tegasnya.

Turut hadir Analis Kebijakan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi RI, Bapak Rosikin, S.Si, M.Si, Ketua OMBUDSMAN RI Perwakilan Sumsel, Bapak Adrian Agustiansyah, S.H., M.Hum, Kepala Dinas Kominfo_SP se-Sumsel dan Para Admin Penghubung/Pimpinan Perangkat Daerah Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Diskominfo/IKP).