Berita

Bupati Askolani Harap Bisa Cetak Generasi Muda Yang Handal Dan Profesional

PANGKALAN BALAI – Bupati Banyuasin, H. Askolani Jasi, SH., MH didampingi Wakil Bupati H. Slamet Somosentono, SH menghadiri Pengukuhan Penilaian Kinerja Guru (PKG), Pengurus Cabang (PC) Kecamatan Himpaudi dan Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) se-Kabupaten Banyuasin Tahun 2022 sekaligus membuka Kegiatan Pelatihan Mendongeng Guru PAUD dilaksanakan di Gedung Graha Sedulang Setudung, Senin (28/11).

Tema Hut Ikatan Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) Ke-72 Tahun 2022 adalah “Bangkit Guru Jaya Negeriku, 72 Tahun IGTKI Bersama Bergerak Membangun Generasi Emas Indonesia” dan tema Peringatan Hari Pendidikan Nasional dan Hut PGRI Ke-77 yakni “Serentak Berinovasi, Wujudkan Merdeka Belajar”.

Dalam sambutan dan arahannya, Bupati Banyuasin Askolani mengucapkan selamat kepada Pimpinan Forum PKG, PC Himpaudi, PC IGTK Kabupaten Banyuasin dan Provinsi Sumsel. “Menjadi pengurus organisasi harus siap bekerja maksimal oleh sebab itu gunakan kesempatan ini secara maksimal, siap laksana jarum detik pada sebuah jam tidak melihat apakah temannya bergerak atau hanya sesekali saja bergerak,” ucap Askolani.

“Semua perubahan positif yang kita usung bersama ini tidak hanya dirasakan oleh para orang tua, guru, dan murid di Indonesia tetapi sudah digaungkan sampai ke negara-negara lain melalui Presidensi Indonesia di Konferensi Tingkat Tinggi G20. Tahun ini kita membuktikan diri bahwa kita tidak lagi hanya menjadi pengikut tetapi pemimpin dari gerakan pemulihan dunia,” katanya.

Dilanjutkan Askolani, Kurikulum Merdeka yang berawal dari upaya untuk membantu para guru dan murid dimasa pandemi. Terbukti mampu mengurangi dampak hilangnya waktu pembelajaran selama Covid. Kini kurikulum merdeka sudah diterapkan lebih dari 140.000 satuan pendidikan di seluruh Indonesia, itu berarti bahwa ratusan ribu anak Indonesia sudah belajar dengan cara yang jauh lebih menyenangkan dan memerdekakan.

“Langkah kita hari ini sudah semakin serentak, laju kita sudah semakin cepat, namun kita belum sampai digaris akhir maka tidak ada alasan untuk berhenti bergerak meski sejenak. Pemkab pesankan kepada para pengurus organisasi agar dalam menjalankan program dan kegiatannya tetap mendukung pada terwujudnya visi misi Pemerintahan Banyuasin yaitu Banyuasin Bangkit, Adil, dan Sejahtera karena ini menjadi bagian penting dalam mencetak generasi muda yang handal dan profesional,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Aminuddin, S.Pd.,S.IP.,M.SI menyampaikan adapun dasar dari pelaksanaan kegiatan ini berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Permendikbud 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Peserta kegiatan ini berjumlah lebih kurang 500 orang dari guru PAUD Sekabupaten Banyuasin.

“Melalui kegiatan pada hari ini diharapkan pelaksanaan kegiatan pelatihan mendongeng bagi guru PAUD Kabupaten Banyuasin agar bisa meningkatkan kemampuan mendongeng bagi peserta dan guru PAUD dan meningkatkan geliat literasi dikalangan guru PAUD Kabupaten Banyuasin serta bisa memajukan anak didik menjadi generasi yang pintar dan memiliki potensi demi memajukan bangsa dan negara untuk kedepannya,” ujarnya.

Turut hadir Sekretaris Daerah, Staf Khusus Bupati, Asisten ll, Ketua PGRI Banyuasin, Para Kepala OPD, Para Camat Sekabupaten Banyuasin, Para Ketua TP-PKK Kecamatan Sekabupaten Banyuasin, Para Forum PKB , Himpaudi, dan IGTKI, Kampung Dongeng Sumsel, Para Peserta Latihan Pendongeng Bagi Guru PAUD.

 

(Diskominfo/IKP).