Berita

Wujudkan Program Petani Bangkit Bupati Banyuasin Tanam Padi Bersama

AIR SALEK – Bupati Banyuasin H. Askolani, SH., MH melaksanakan program gerakan percepatan tanam padi untuk penyedia pangan daerah guna wujudkan program petani bangkit di Desa Saleh Agung Kecamatan Air Salek, Rabu (5/10/2022).

Tanaman pangan merupakan satu kesatuan pewilayahan komoditas unggulan dengan memperhatikan kesamaan wilayah dengan kesamaan ekosistem, serta disatukan oleh fasilitas infrastruktur ekonomi yang sama dalam membentuk kawasan yang berisi berbagai usaha mulai dari penyediaan sarana produksi, budidaya, penanganan, pengolahan pasca panen dan pemasaran.

Dalam sambutannya Bupati Banyuasin mengatakan Pemerintah Kabupaten Banyuasin dalam hal ini melalui Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura telah berupaya untuk mengadakan penyediaan sarana dan prasarana untuk meningkatkan produksi padi.

Tentunya untuk mewujudkan hal ini diperlukan waktu dan anggaran yang tidak sedikit. Oleh sebab itu untuk menuntut komitmen kita bersama dalam mensukseskan program ini, serta melaksanakan visi misi Bupati dan Wabup yaitu 7 (tujuh) Program Prioritas dan 12 (dua belas) Gerakan Bersama Masyarakat.

“Pemerintah akan selalu mensupport serta mendukung kegiatan penanaman padi pada hari ini, apalagi Kabupaten Banyuasin mendapatkan penghargaan nomor empat se-Indonesia penghasil lumbung padi terbesar yang mewakili Sumatera Selatan dan nomor 1 di luar Pulau Jawa. Hal ini bertujuan untuk mewujudkan ketahanan pangan bagi masyarakat Kabupaten Banyuasin dan masyarakat Indonesia,” katanya.

Ditambahkan H. Askolani tanaman pangan khususnya komoditas padi sawah merupakan salah satu sektor strategis ekonomi domestik yang perlu terus ditingkatkan di Kabupaten Banyuasin agar terbentuk kawasan sentra produksi padi dalam pemenuhan kebutuhan gizi dan pangan masyarakat serta peningkatan pendapatan masyarakat.

“Tentunya harapannya semoga bibit padi yang ditanam pada hari ini dapat dimanfaatkan dan dikembangkan secara maksimal, jagalah dan peliharalah bibit padi ini sesuai dengan anjuran teknis sehingga dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Bila nanti ada kendala bisa berkonsultasi dengan petugas lapangan seperti PPL, koordinator BPP, dan Babinsa apabila mengalami hambatan dalam pelaksanaannya,” tutup Bupati.

Turut hadir Kepala OPD terkait dan Petani di Kecamatan Air Salek (Diskominfo/PKP).