Berita

Wakil Bupati Banyuasin Sampaikan Peran Penting Pemuda Bagi Bangsa Pada Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke 94

PANGKALAN BALAI – Wakil Bupati Banyuasin H. Slamet Somosentono, SH sampaikan peran penting pemuda bagi Bangsa Indonesia pada Puncak Peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) Ke-94 Tahun 2022 secara daring melalui zoom meeting di Auditorium Pemerintah Kabupaten Banyuasin, Jumat (28/10).

Peringatan Hari Sumpah Pemuda diperingati setiap tanggal 28 Oktober dan pada tahun ini mengusung tema “Bersatu Bangun Bangsa”. dipusatkan di ibukota negara (IKN) Nusantara.

Acara dibuka secara langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Prof. Dr. Zainudin Amali., SE., M.SI. Dalam sambutannya Menpora RI menyampaikan peringatan hari Sumpah Pemuda yang Ke-94 merupaka upaya menghadirkan sejarah masa lalu untuk direnungkan, dipelajari, ditemukan kristalisasi pembelajaran kebaikan untuk dijadikan teladan dan inspirasi penggerak langkah menuju visi bangsa yang besar.

Sumpah pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran kepada kita bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan bukan sebagai faktor yang melemahkan. Peran pemuda dalam memelopori membangun visi kebangsaan dengan sumpah pemuda 1928 yang diikuti dengan rangkaian pergerakan-pergerakannya telah mengantarkan kepada proklamasi kemerdekaan Indonesia.

“Peran pemuda telah tercatat dengan tinta emas sepanjang masa, peringatan hari sumpah pemuda ini memiliki arti penting karena ancaman-ancaman terhadap kesatuan Indonesia selalu ada bersamaan dengan cita-cita mewujudkan kejayaan Indonesia,” katanya.

Dilanjutkan Menpora RI pemuda hari ini adalah tokoh-tokoh yang akan berperan pada masa yang akan datang, apa yang dilakukan oleh pemuda dimasa sekarang juga menjadi penentu kemajuan bangsa Indonesia dimasa yang akan datang. Mandat pemuda saat ini adalah menjadikan nilai-nilai persatuan diatas segala-galanya, memandang keberagaman sebagai anugerah yang berharga untuk dirangkai menjadi kekuatan yang luar biasa menggapai kejayaan Indonesia.

“Melalui peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-94 inilah yang menjadi tekad kita untuk meneruskan perjuangan kemerdekaan mewujudkan cita-cita pada saat ini dan sepanjang masa. Semangat untuk selalu bersungguh-sungguh membangun Indonesia yang merdeka, berdaulat, bersatu, adil dan makmur secara dinamis sesuai konteks lingkungan strategis yang selalu berubah,” ucapnya.

Dikesempatan yang sama Wabup Banyuasin H. Slamet Somosentono mengatakan peta pemuda banyak memunculkan inovasi, pemikiran dan inisiatif agar pemuda harus bergerak sesuai zamannya dan terus semangat harus memunculkan energi baru tidak berpangku tangan agar menyongsong Indonesia maju dan bangkit.

“Adanya peringatan Hari Sumpah Pemuda tentunya harus mempunyai cinta tanah air kalau tidak dijaga siapa lagi yang bisa menjaga NKRI, peran Kabupaten Banyuasin tetap memacu agar pemuda lebih semangat lagi untuk memunculkan rasa memiliki, pembentukan karakter mulia dan pengembangan kompetensi dalam berbagai kreativitas,” ujarnya.

Turut hadir Sekretaris Daerah (Sekda) Dr. H. M Senen Har, S.IP., M.SI, Kepala BPKAD, Kepala Badan Daerah (BKD), Asisten lll, Staf Ahli, Dispora Diwakili, Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI).

 

(Diskominfo/PKP).

Share :