Berita

Wakil Bupati Banyuasin Menyerahkan 155 Sertifikat Kepemilikan Tanah Diberikan Langsung Untuk 3 Desa

BANYUASIN lll – Wakil Bupati Banyuasin menghadiri langsung penyerahan sertifikat tanah Badan Pertahanan Nasional (BPN) Kabupaten Banyuasin melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap – Partisipasi Masyarakat (PTL-PM) di Balai Desa Terlangu Kecamatan Banyuasin lll, Jumat (30/9).

Penyerahan sertifikat tersebut merupakan bantuan dari Kementerian agraria, tata ruang dan kepala Badan Ketahanan Pangan Nasional (BPN) Republik Indonesia sebanyak 155 sertifikat tanah ditiga desa yaitu desa Terlangu, Lubuk Saung, Sidang Mas. Sekaligus memberikan bantuan kursi roda 2, 39 Al-Quran, jam digital dari baznas, 15 paket sembako dari Wabup.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Banyuasin H. Slamet Somosentono, SH mengucapkan selamat kepada warga yang baru saja menerima sertifikat agar menyimpan baik-baik bukti kepemilikan tanah tersebut. Ingat masalah tanah adalah sangat penting karena tanah merupakan salah satu aset kita semua yang harus dapat kita kelola secara aman tanpa adanya persengketaan yang mungkin saja terjadi.

“Melalui pembagian sertifikat pada hari ini tentunya sangat penting sebagai dasar bukti kepemilikan tanah yang sah serta memberi kepastian hak atas kepemilikan tanah yang berkekuatan hukum dan ini otomatis akan mengurangi sengketa yang terjadi,” katanya.

Dilanjutkan Wabup inilah fungsi dari pensertifikatan tanah yang merupakan program strategis nasional untuk mengurangi sengketa tanah yang terjadi, beliau juga mengingatkan apabila ada yang keliru dalam penulisan sertifikat agar segera dilaporkan kepada kepala desa untuk nantinya diperbaiki oleh kantor Badan Pertahanan Nasional (BPN).

“Dengan terbentuknya data pertahanan yang lengkap dan akurat, kedepan permasalahan tanah akan semakin berkurang dan perencanaan pembangunan akan semakin mudah. Sehingga bisa membentuk masyarakat yang guyub dan rukun antar sesama masyarakat ,” tutup Wabup.

Turut hadir Kepala BPBD, Inspektorat Kabupaten Banyuasin, Kasi Pengadaan Tanah BPN Kabupaten Banyuasin, Kadis PUTR yang diwakili, Perkimtan yang diwakili, Kabag Kesra, Kepala Baznas, Komandan Koramil Pangkalan Balai, Kapolsek yang diwakili, Kepala Desa Terlangu, Ketua dan Anggota BPD Terlangu, Tokoh Masyarakat.