Berita

PKK Kecamatan Rambutan Lakukan Inovasi Olahan Dari Susu Kerbau

Rambutan – Selama pandemi Covid-19 berlangsung, sektor ekonomi rata-rata kurang membaik. Namun demikian, persoalan itu tidak bisa diselesaikan hanya cukup berpangku tangan.

Tetapi, bagaimana dapat membuat produk kreatif di tengah pandemi. Sejumlah ide kreatif bermunculan, untuk dapat menopang ekonomi keluarga.

Salah satunya yang dilakukan oleh PKK Kecamatan Rambutan Kabupaten Banyuasin menciptakan inovasi olahan makanan yang dilakukan oleh sekelompok ibu-ibu yang tergabung dalam Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK Kecamatan Rambutan Kabupaten Banyuasin.

Para Ibu-ibu kreatif ini melakukan inovasi dengan Varian pembuatan olahan susu kerbau berupa Gulo puan kebo, Sagon puan kebo, Permen puan kebo, Jangek kulit kebo, Minyak kebo.

Seperti yang dijelaskan oleh Ketua TP. PKK Kecamatan Rambutan, Desty Pratiwi Mursal, SE melalui Sekretaris TP. PKK Kecamatan Rambutan Iin Triyanti Abbas, S.IP., M.Si, dijelaskannya bahwa gagasan tersebut bermula dari, Desa Rambutan ada sebagian warga yg mempunyai ternak kerbau dan sapi. 2 jenis hewan ini menghasilkan susu, Maka para ibu-ibu mencoba mencsri inovasi unk menciptakan puan kebo bukan hanya untuk diminum tapi bisa juga di kelola sebagai makanan dan cemilan.

“Inilah saat inilah yang menjadi produk unggulan Desa Rambutan Kecamatan Rambutan Kabupaten Banyuasin, Alhamdulillah produk olahan hasil UP2K PKK ini Sudah beredar di Palembang,” ucapnya.

Dirinya berharap dengan adanya inovasi ini lebih meningkat  ekonomi masyarakat di Desa Rambutan Kecamatan Rambutan Kabupaten Banyuasin.

“Mudah-mudahan dengan adanya produk ini warga lebih antusias dalam berternak kerbau dan  mengembangkan Inovasi ini dengan berbagai jenis Varian baru,” harapnya.

(Diskominfo – IKP)