Berita

Untuk Tertib Pengelolaan Keuangan, Banyuasin Gelar Workshop Evaluasi Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Desa.

Pangkalan Balai – Sebanyak 288 Kepala Desa, Camat dan Kasi Pembinaan Pemerintahan Desa (PPD) Kecamatan mengikuti Workshop Evaluasi Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Desa pada Kabupaten Banyuasin digelar di Graha Sedulang Setudung, Selasa (19/04).

Bupati Banyuasin, H.Askolani, SH.,MH secara langsung memonitori kegiatan yang dihadiri 200 Kepala Desa secara langsung dan 88 Kepala Desa via zoom. Worshop ini diselenggarakan oleh Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Sumatera Selatan.

Tujuan dari worshop ini sendiri untuk pembinaan, pembekalan bagi semua penyelenggara pemerintahan desa di Kabupaten Banyuasin agar lebih tertib, transparan, akuntabel dalam pengelolaan keuangan dan pembangunan desa.

Dalam sambutannya, Askolani menegaskan tujuan baik dari worshop ini digelar, agar semua pemerintahan kecamatan dan desa bisa lebih maju lagi dalam pengelolaan keuangan dan pembangunan.

Beliau berharap agar semua peserta worshop dapat menyerap materi yang akan disampaikan oleh narasumber. Kedepan untuk lebih mampu mengelola keuangan dengan baik, tertib, transparan dan akutabel.

“Tentu ini sangat berguna untuk pembangunan dan masyarakat desa, secara otomatis tercipta pemerintah terbuka di Kabupaten Banyuasin,” ujarnya.

“Jangan malas belajar, serap apa yang telah menjadi ketentuan atau standar pengelolaan keuangan yang telah ada dan akan disampaikan hari ini. Tentu ini menjadi salah satu awal yang baik untuk Banyuasin Bangkit, Adil dan Sejahtera,” tegas orang nomor satu ini.

Materi worshop akan disampaikan oleh 4 (Empat) pemateri yakni:
1. Ibu Arniza Nilawati, SE.,M.Si ( Anggota Komite IV DPD RI)
2. Bpk. Drs. H. Luthfy Latief, M.Si (Direktur Fasilitasi Pemanfataan Dana Desa Kementerian Desa, PDTT RI)
3. Ibu Lydia Kurniawati Christyana (Kepala Kantor Wilayah DJPb Sumatera Selatan)
4. Bpk. Wasis Prabowo (Direktur Pengawasan Akuntabilitas Keuangan, Pembangunan, dan Tata Kelola Pemerintahan Desa BPKP RI)

Dihadiri anggota DPD RI, Arniza Nilawati, SE. M.Si, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Banyuasin, Roni Utama, AP., M.Si, Kepala OPD terkait, Camat, Kades dan Kasi Pembinaan Pemerintahan Desa (PPD) Kecamatan (Diskominfo/PKP).