Berita

Pemkab Banyuasin Raih Opini WTP ke-11 Kali Berturut-turut

PALEMBANG – Pemerintah Kabupaten Banyuasin kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk yang ke-11 kali berturut-turut atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2021 dari BPK RI. Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) LKPD diterima Bupati Banyuasin H.Askolani dan Ketua DPRD Banyuasin Irian Setiawan di Kantor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Sumsel, Selasa (26/04).

Bupati Askolani berterimakasih kepada BPK Perwakilan Sumsel yang telah mendampingi dalam penyelesaian Laporan Keuangan Pemkab Banyuasin tahun anggaran 2021. Diharapkan opini WTP atas LKPD tahun 2021 ini dapat semakin memotivasi Pemkab Banyuasin khususnya seluruh Kepala OPD beserta jajaran untuk bekerja lebih semangat dan lebih baik lagi. Sesuai tageline Saya Kerja Keras, Kerja Cerdas dan Kerja Ikhlas. Ke depannya, Pemkab Banyuasin juga berkomitmen untuk melakukan upaya perbaikan dalam pengelolaan keuangan, diantaranya dengan memberikan pendampingan OPD dalam percepatan penyelesaian laporan keuangan.

“Alhamdulillah, Pemerintah Kabupaten Banyuasin dapat mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang kesebelas kalinya atas penyajian Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2021 ini, semoga dengan memperoleh opini WTP ini dapat mewujudkan salah satu dari tujuh program prioritas Kabupaten Banyuasin yakni Program Sistem Pemerintahan Terbuka sesuai dengan Visi Banyuasin Bangkit Adil dan Sejahtera,” ujar Bupati.

Ditambahkan Bupati Askolani, beberapa catatan temuan akan menjadi perhatian Pemkab Banyuasin. Beberapa hal yang menjadi rekomendasi BPK terkait LHP LKPD tahun 2021 ini juga akan segera ditindaklanjuti sesuai action plan yang telah disampaikan.

“Terhadap segala masukan, pembinaan, koreksi dan langkah-langkah perbaikan atas hasil pemeriksaan akan segera kami tindaklanjuti dengan menyusun Rencana Aksi (Action Plan) yang dalam implementasinya kami mohon bimbingan dan arahan dari BPK-RI agar tindaklanjut hasil audit dapat diselesaikan tepat waktu,” harapnya.


“Terkhusus kepada Tim Pemeriksa BPK-RI atas Laporan Keuangan Kabupaten Banyuasin Tahun Anggaran 2021, kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas bimbingan dan arahannya selama pemeriksaan, hasil pemeriksaan tahun ini sangat berarti bagi kami, dimana koreksi dari Tim banyak memberikan pengetahuan dan pemahaman baru bagi kami dalam terus menyempurnakan pengelolaan keuangan baik pendapatan maupun belanja di Kabupaten Banyuasin,” tambahnya.

Sementara Kepala BPK Perwakilan Provinsi Sumsel Herry Purwaka menyebut BPK mengapresiasi Pemkab Banyuasin yang mampu mempertahankan opini WTP tersebut untuk ke-11 kalinya secara berturut-turut. Hal ini menunjukkan bahwa transaparansi dan akuntabilitas terkait tata kelola keuangan di Kabupaten Banyuasin sudah menjadi budaya kerja.

“BPK mengapresiasi Pemkab Banyuasin yang mampu menyerahkan LKPD dan telah meraih WTP ke-11. Saya juga apresiasi tata kelola keuangan yang diselenggarakan oleh Pemkab Banyuasin meyakinkan sekali, Sekali lagi Saya Ucapkan Selamat,“ tandasnya.

 

(Diskominfo – IKP)

Share :