Berita

Masa Kepimpinan Askolani Slamet Jalan Poros 3 Kecamatan Kini Dapat Terintegrasi

Pulau Rimau – Harapan warga, Kecamatan Pulau Rimau Timur, Kabupaten Banyuasin selama ini untuk menikmati jalan yang di cor akhirnya terwujud. Selama kurun waktu puluhan tahun, penantian panjang warga Kecamatan Pulau Rimau terjawab di masa pemerintahan Bupati Banyuasin H. Askolani dan Wakil Bupati Banyuasin H. Slamet Somosentono. Rasa senang dan syukur pun diungkapkan warga setempat dengan akses jalan yang kini mulus, ditambah lagi sudah terintegrasi secara lancar antar 3 Kecamatan Yakni, Kecamatan Suak Tapeh, Kecamatan Pulau Rimau dan Kecamatan Selat Penugukan.

Pembangunan Jalan Poros 3 Kecamatan ini dilakukan Pemerintah Kabupaten Banyuasin melalui sejumlah Dana yang bersumber dari APBD, DAK, Pinjaman Daerah Bank Sumsel Babel 288 M dan Pinjaman Pemulihan Ekonomi Nasional Melalui PT. SMI. Sebesar 191 M. Progress pengerjaan jalan poros ini dimulai sejak tahun 2019 – 2022.

Salah seorang Tokoh Masyarakat Kecamatan Pulau Rimau Idil Ismadi, dikatakannya, kondisi jalan sebelum dihotmix memang cukup parah. Selain berlubang, jalan ini cukup licin dan becek ketika datang hujan. Bahkan mobil yang melintas sering menginap ditengah hutan karena kendaraan yang dipakai tersangkut oleh jalan yang lengket.

“Kami warga disini sangat senang dan karena sudah lama dinantikan warga pak. Alhamdulillah sudah di cor dan mulus, terima kasih pemerintah, terima kasih pak Bupati, dan pak Wabup, sudah dicor jalan kami,” ucapnya.

Hal senada disampaikan Mangunsong Warga Betung yang merupakan Pedagang di pasar Primer 3, dirinya mengucapkan terima kasih kepada masa kepimpinan Bupati Wabup yang telah mengintegrasikan jalan tersebut, dirinya sangat bersyukur karena tidak kesusahan lagi membawa barang dagangannya ke pasar karena akses sudah lancar.

“Kalau dulu sering nginap di kebun karena mobil sering terpater, sekarang alhamdulillah sudah lancar. Kami sangat bersyukur dengan jalan yang sudah bagus ini,” katanya saat dibincangi Tim Liputan Banyuasin TV dilapangan Selasa (19/4/2022).

Terpisah, Kepala Desa Sumber Mulyo Hadi Mulyo, mengatakan, dampak dari pembangunan jalan ini sangat luar biasa, perekonomian meningkat, mulai dari hasil bumi, ketahanan pangan, maupun harga sawit meningkat pesat, sehingga dapat bersaing dengan harga yang diluar karena transportasi sudah lancar, begitu panen langsung keluar, sehingga tidak ada penyusutan, tidak ada kerugian bagi petani, begitu panen langsung dapat dinikmati hasilnya.

“Tentunya ini sangat membantu masyarakat sekitar yang komoditi kelapa sawit dan tanaman pangan yang terhampar luas di sini, tentu kami sangat berterima kasih,” paparnya.

Sementara itu, Ketua PK KNPI Kecamatan Pulau Rimau Edi Slamet, dikatakannya, selaku Pemuda dirinya mengapresiasi masa kepemimpinan Askolani dan Slamet yang telah mewujudkan mimpi masyarakat Pulau Rimau dari tahun 1992 untuk menikmati jalan yang bagus untuk perekonomian masyarakat.

“Kami selaku pemuda sepakat untuk mengawal dan mendukung 7 program prioritas dan 12 Gerakan bersama masyarakat, yang sudah dicanangkan oleh Pemkab Banyuasin, kami ucapkan terima kasih kepada pak Bupati dan Wabup yang sudah menunaikan janji politiknya yang mana salah satunya dengan program Infrastruktur Bagus, dan kami bisa merasakan manfaatnya,” tegasnya.