Berita

Ketua PKK Banyuasin Panen Bawang dan Singkong Bersama KWT Rampai Talang

Banyuasin III – Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP – PKK) Kabupaten Banyuasin dr. Sri Fitriyanti Askolani melaksanakan Panen Bawang Merah bersama salah satu Kelompok Wanita Tani (KWT) Kelurahan Mulya Agung Kecamatan Banyuasin III Kabupaten Banyuasin Selasa (15/3/2022).

Selain Bawang jenis brebes, istri dari Bupati Banyuasin H. Askolani ini didampingi langsung oleh Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan Banyuasin Dra. Yuni Khairani, dan Kabid Pengelolaan Komunikasi Publik Andi Wijaya juga melaksanakan Panen Singkong Jumbo di lahan milik Ami salah satu anggota KWT Rampai Talang Binaan Rizky Aprilia anggota DPR RI.

“Saya sangat apresiasi untuk KWT yang telah berhasil mengembangkan Bawang Brebes ini, ini juga menjadi salah satu upaya peningkatan usaha keluarga juga, sehingga dapat menekan pengeluaran uang belanja juga,” kata wanita yang akrab di sapa Fitri ini.

Dirinya menambahkan, ini dapat menjadi percontohan bagi para KWT, maupun Mandiri lainnya agar menerapkan yang sudah dijalankan oleh KWT Mulya Agung, untuk meningkatan Income keluarga dengan memanfaatkan halaman rumah, maupun lahan kosong lainnya.

“Insyaallah ini akan terus kita kembangkan ke depannya, dan dapat menjadi contoh Ibu-Ibu lainnya untuk melakukan Inovasi,” jelasnya.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Banyuasin Dra. Yuni Khairani mengatakan, saat ini sudah ada 40 KWT yang di Bina, dan dari Dinas membantu untuk benih, untuk pengembangannya KWT agar berinovasi untuk mengenbangkan tanaman yang sudah dibantu, baik cabe bawang maupun kembang kol. Dirinya berharap selain sayur untuk gizi keluarga, ini juga merupajan uoaya peningkatan keluarga, ke depan KWT yang dibina dan KWT yang segera tumbuh dapat memenuhi kebutuhan pasar, sehingga tidak perlu lagi tergantung pada pasar induk di Palembang.

“Ke depan kita juga berharap dalam waktu dekat bekerja dengan provinsi lain, selain menyuplai beras kita juga dapat menyuplai sayuran dan buah-buahan maupun hasil bumi lain yang ada di Banyuasin,” pungkasnya.

Share :