Berita

Peringati Hari Kesehatan Nasional Bupati Banyuasin Tinjau Pelaksanaan Operasi Katarak dan Bibir Sumbing Gratis

PANGKALAN BALAI — Bupati Banyuasin H.Askolani, SH., MH didampingi Kepala Dinas Kesehatan dr.Rini Pratiwi serta Kepala RSUD Banyuasin Ari Fauta meninjau Pelaksanaan Kegiatan Bhakti Sosial Operasi Bibir sumbing dan Launching Alat Operasi Katarak Fekoemulsifikasi dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Banyuasin, (Jumat 31/12)

Dalam pelaksanaan operasi katarak ini, Pemkab Banyuasin akan menggunakan teknik baru dalam bidang layanan kesehatan yakni fakoemulsifikasi. Fakoemulsifikasi adalah operasi katarak yang dilakukan dengan mengambil bagian depan lensa mata tanpa merusak kapsul posterior. Prosedur ini aman dan tidak menimbulkan rasa sakit. Setelah fakoemulsifikasi, dokter akan memasang lensa buatan (IOL) agar mata dapat melihat dengan lebih jelas.

Bupati H.Askolani mengatakan, kegiatan operasi katarak dan bibir sumbing ini merupakan salah satu bentuk perhatian Pemkab Banyuasin dalam memaksimalkan pelayanan kesehatan untuk masyarakat.

“Alhamdulillah hari ini kita mengunjungi RSUD Banyuasin dalam rangka meninjau pelaksanaan operasi Bibir sumbing bekerja sama dengan yayasan Yur dan Operasi katarak yang akan dilaksanakan langsung di RSUD Banyuasin. Dalam memaksimalkan kesehatan masyarakat, kita akan melakukan banyak pembaharuan di bidang kesehatan dan Operasi Hari ini dilakukan secara Gratis tanpa biaya sepeserpun”, jelasnya.

Sebagai informasi Hari ini ada 24 orang anak yang akan menjalani Operasi Bibir Sumbing dan 40 orang yang akan di Operasi Katarak.

Bupati H. Askolani hari ini juga secara simbolis menggunting pita peresmian pembangunan yang ada di RSUD Banyuasin Seperti Ruang PCR Covid-19, Bangsal Isolasi Covid, ICU serta IGD. Ia menambahkan RSUD Banyuasin telah cukup lengkap dari Fasilitasnya yang telah maksimal diperbaiki serta ditambah kebutuhan di RSUD Banyuasin.

“Mudah-mudahan dengan penambahan perlengkapan yang ada dapat meksimalkan pelayanan kepada masyarakat yang ada di kabupaten Banyuasin dan saya harap Rumah Sakit ini menjadi salah satu Rumah Sakit rujukan karena Alhamdulillah sudah lengkap dari segi ruangan kelengkapan alat hingga manajemennya”, harapnya.