Berita

Banyuasin Terbaik I se-Sumsel Laporan Penyaluran DAK Fisik dan DD

Palembang – Kementerian Keuangan Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Pembendaharaan Kantor Wilayah Propinsi Sumatera Selatan memberikan Penghargaan Peringkat I (Terbaik) se-Sumatera Selatan kepada Pemerintah Kabupaten Banyuasin terhadap Laporan Data Keuangan dan Kinerja Penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa Terbaik Tahun 2021 Lingkup Wilayah Kerja Kanwil DJP Sumsel.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung Oleh Gubernur Sumsel H Herman Deru didampingi Kepala Direktorat Jenderal Pembendaharaan (DJP) Kantor Wilayah Propinsi Sumatera Selatan Lidya Kurniawati Christiana, MM kepada Bupati Banyuasin H Askolani SH MH, pada Acara Penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) APBN 2022 di Griya Agung Palembang, (7/12).

Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru menjelaskan, kebijakan yang menjadi fokus APBN 2022, yatu melanjutkan pengendalian Covid-19 dengan menjaga prioritas utama kesehatan program perlindungan sosial bagi masyarakat miskin dan rentan peningkatan Sumber Daya Manusia (SOM) yang unggul, berintegritas, dan berdaya saing.

“Kendati demikian, namun tetap juga menjalankan fokus pembangunan melanjutkan pembangunan infrastruktur dan meningkatkan kemampuan adaptasi teknologi desentralisasi fiskal untuk peningkatan dan pemerataan kesejahteraan antar daerah, dan melanjutkan reformasi penganggaran dengan menerapkan penganggaran berbasis nol untuk mendorong agar belanja lebih efisien,” ujarnya saat menyampaikan sambutannya.

Ditempat yang sama, Kepala Kantor Wilayah DJP6 Provinsu Sumsel Lidya Kurniawati Christiana, MM meminta kepada seluruh Satuan Kerja Vertikal dan Pemda untuk segera menyelesaikan pelaksanaan anggaran tahun 2021 yang akan segera berakhir dan menyiapkan langkah-langkah pelaksanaan anggaran tahun 2022 agar dapat dilaksanakan segera di awal tahun sehinga kinerja pelaksanaan anggaran Tahun 2022.

“Dengan demikian dapat semakin berkualitas sesuai dengan capaian dan output yang telah ditetapkan. Dengan diserahkannya DIPA dan Daftar Alokasi TKDD Tahun 2022, untuk itu diharapkan seluruh jajaran pemerintahan di wilayah Sumsel agar dapat terus meningkatkan sinergi lintas sektoral dan menjalin koordinasi serta komunikasi yang lebih intensif lagi guna mewujudkan pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural,” bebernya.


Sementara itu, Bupati Banyuasin H. Askolani SH MH mengucapkan terima kasih atas diterimanya penghargaan tersebut, dirinya berharap atas penghargaan yang diberikan dapat menjadi motivasi dan acuan semangat bagi para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pemerintah kabupaten Banyuasin dalam menjalankan Program-Program Banyuasin Bangkit Adil dan Sejahtera, dan 12 Gerakan bersama masyarakat.

“Dengan penghargaan yang diberikan ini jangan menjadikan kita untuk berpuas diri, justru ini adalah pemacu semangat kita dalam bekerja sesuai dengan motto kita Kerja Keras kerja cerdas dan kerja ikhlas dalam melayani masyarakat Kabupaten Banyuasin. Peringkat 1 se-Sumsel tentu sebuah prestasi yang membanggakan dan patut disyukuri, agar lebih giat lagi dalam menjalankan tugas bersama,” tegasnya.


Diketahui, pemberian penghargaan secara simbolis ini juga diikuti oleh 10 Perwakilan Kementerian/Lembaga (K/L) terpilih untuk menerima DIPA dan 17 Pimpinan Daerah Kabupaten/Kota untuk menerima Daftar Alokasi TKDD. (Diskominfo – PKP)