Bupati Banyuasin: Masyarakat Banyuasin Harus Cintai Pangan Lokal

Bupati Banyuasin: Masyarakat Banyuasin Harus Cintai Pangan Lokal

Bupati Banyuasin: Masyarakat Banyuasin Harus Cintai Pangan Lokal

by 1 September, 2021

Pangkalan Balai – Pembukaan festival pangan lokal, festival rempah dan lomba masak serba ikan Kabupaten Banyuasin Tahun 2021 dibuka langsung oleh Bupati Banyuasin, H. Askolani, SH., MH diselenggarakan selama 2 (dua) hari, 1-2 September di Graha Sedulang Setudung, Rabu (01/09/2021).

Selain mengangkat kekayaan lokal yang ada di Kabupaten Banyuasin, upaya yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Banyuasin yakni menyeimbangkan konsumsi pangan sumber karbohidrat selain beras serta mendukung program Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA).

Menginventaris sumber kekayaan rempah lokal dan membudayakan masyarakat Banyuasin untuk mengembangkan tanaman pangan rempah dirumah masing-masing seperti tanaman obat dan umbi-umbian.

Askolani menegaskan agar masyarakat Banyuasin harus kembali ke pola lama dalam konsumsi pangan lokal, kembali memanfaatkan sumber karbohidrat seperti jagung, ubi kayu dan lain-lain selain beras.

“Mari kita mencintai masakan rumah dari kekayaan sumber alam kita sendiri. Mengurangi banyak konsumsi pangan luar dan makan apa yang memang menjadi kekayaan kita sendiri,” tegas orang nomor satu ini.

“Inilah guna diadakannya festival ini, Gerakan Tanam Sayur (GERTAS) dan Gerakan Tanam Obat, Rempah dan Umbian (TOBARU) harus kita paksakan untuk kebaikan kita bersama,” tambahnya.

12 Gerakan Bersama Masyarakat Kabupaten Banyuasin sangat diapresiasi oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi, Ir. Ruzuan Efendi, MM yang salah satunya upaya yang dilakukan dalam Festival Pangan Lokal dan Rempah ini. “Upaya Pemerintah untuk terus menggalangkan peningkatan konsumsi pangan lokal yang bertujuan agar menyeimbangan gizi dan protein untuk kesehatan bersama,” jelas Ruzuan.

Hal yang sama disampaikan oleh Ketua TP PKK Kabupaten Banyuasin, dr. Sri Fitriyanti Askolani. Tim penggerak PKK sebagai mitra Pemerintah akan mendorong dan membantu terwujudnya Gerakan konsumsi pangan lokal demi terwujud Banyuasin Sehat. Konsumsi pangan yang seimbang dapat mengurangi Stunting, Gizi buruk dan tentu saja sangat baik dimasa pandemi Covid 19 saat ini.

Dokter cantik ini juga menegaskan bahwa PKK akan terus mewajibkan setiap tim penggerak PKK Kecamatan untuk melakukan 12 Gerakan Bersama Masyarakat menuju Banyuasin Bangkit, Adil dan Sejahtera.

 

 

 

(Diskominfo/PKP)