Berita

Bupati Banyuasin Pimpin Upacara Peringatan Hari Pramuka ke 60

Pangkalan Balai — Bupati Banyuasin H.Askolani, SH.,MH selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kabupaten Banyuasin, hari ini Rabu (25/8/2021), memimpin upacara hari pramuka ke-60 tahun 2021, di Pendopoan Rumah Dinas Bupati Banyuasin. Upacara juga diikuti Wakil Bupati H. Slamet Somosentono, SH dan didampingi Sekda Dr.H.M. Senen Har, S.Ip.,M.Si, Wakil Ketua TP-PKK Hj.Neni Slamet dan anggota Mabicab, Kwarcab, Kwaran, Saka secara virtual.

Dalam sambutannya, Bupati H. Askolani mengatakan hari ini 14 Agustus 2021 merupakan hari yang besar oleh para anggota gerakan Pramuka karena organisasi kepramukaan kita genap berusia 60 tahun. Sekalipun sesungguhnya gerakan pendidikan kepramukaan di Indonesia berusia jauh lebih tua namun sejak 60 tahun lalu kita tidak lagi terpecah-pecah melainkan menyatu dalam satu wadah yang disebut gerakan Pramuka.

” Tema peringatan hari pramuka tahun ini ” Berbakti Tanpa Henti “. Tema tersebut menjadi tema utama aktivitas dari kegiatan gerakan Pramuka pada tahun 2021, tema tersebut adalah perwujudan dari semangat para pramuka untuk ikut membantu penanggulangan bencana Covid-19 yang sampai saat ini masih menjadi masalah besar bagi bangsa Indonesia bahkan di seluruh Dunia”, ajaknya.

Dikatakan, gerakan pramuka memang bukan merupakan organisasi bantuan sosial namun sebagaimana disebutkan dalam kode kehormatan Satya dan Dharma Pramuka, Pramuka tetap menunjukan bhaktinya dengan membantu mereka yang membutuhkan bantuan hal itu sejalan dengan arahan bapak Presiden Republik Indonesia selaku Ketua Majelis pembimbing Nasional Gerakan Pramuka.

Dalam giat kali ini Bupati H. Askolani juga menyerahkan penghargaan Lencana Darma Bakti kepada Ketua Kwarcab Banyuasin, Dr.H.M Senen Har Msi. Kemudian Panca Warsa kepada Kepala Dinas Likungan Hidup,Izro Maita, Kepala Dinas Pendidikan, Aminuddin, dan Kepala Kantor Kementrian agama Kabupaten Banyuasin, H.Arkan Nurwahidin. Dan penghargaan Lencana Melati kepada Hj.Martini dan Latip.

Sebagai informasi Bupati Banyuasin H. Askolani, SH., MH menerima penghargaan lencana melati gerakan pramuka dari kwartir nasional gerakan pramuka di hari ulang tahun (hut) pramuka yang ke 60 yang dipusatkan di lapangan merdeka alun-alun utara kota pagar alam, kamis (19/8/2021)lalu.

Share :