Pemkab Banyuasin Gelar Sosialisasi Festival Pangan Lokal Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA)

Pemkab Banyuasin Gelar Sosialisasi Festival Pangan Lokal Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA)

Pemkab Banyuasin Gelar Sosialisasi Festival Pangan Lokal Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA)

by 6 Juli, 2021

PANGKALAN BALAI — Pemerintah Kabupaten Banyuasin melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Tim Penggerak PKK menggelar Sosialisasi Festival Pangan Lokal B2SA yang dilaksanakan di Auditorium Pemkab Banyuasin.

Ketua TP-PKK Kab. Banyuasin dr. Sri Fitriyanti Askolani mengatakan, penganekaragaman pangan merupakan upaya peningkatan ketersediaan dan konsumsi pangan yang beragam, bergizi seimbang dan berbasis pada potensi sumber daya lokal untuk mewujudkan sumber daya manusia (SDM) yang sehat, aktif dan produktif.

Pola konsumsi pangan merupakan perilaku paling penting yang dapat mempengaruhi keadaan gizi seseorang. Pada kenyataannya sampai saat ini, pola konsumsi pangan sebagian besar masyarakat masih belum memenuhi kaidah gizi seimbang. Konsumsi sayuran dan buah-buahan masih rendah, begitu juga kualitas konsumsi protein juga masih rendah, serta masih tingginya konsumsi makanan dan minuman berkadar gula tinggi.

Selain itu, dalam rangka mewujudkan pola konsumsi pangan yang baik, maka konsumsi pangan yang beragam, bergizi seimbang dan aman (B2SA) dengan memanfaatkan pangan lokal, menjadi sangat penting untuk diterapkan dalam pola konsumsi sehari-hari.

“Salah satu upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Banyuasin melalui Dinas Ketahanan Pangan bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Banyuasin adalah mengadakan festival pangan lokal beragama, bergizi, seimbang dan aman (B2SA) tahun 2021”, ujarnya.

Sementara itu Yuni Khairani selaku Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Banyuasin mengatakan Sosialisasi ini bertujuan mengangkat dan mengembangkan potensi pangan lokal, menciptakan produk yang bernilai ekonomis, peningkatan kualitas konsumsi masyarakat yang B2SA, mengatasi inflasi melalui tanaman sayur, rempah dan toga, serta untuk mengatasi stunting.

“Kegiatan ini akan dilaksanakan 3-4 Agustus 2021 berupa festival pangan lokal, bazar, pangan lokal, rempah, tanaman obat dan umbi-umbian dari hasil bumi Kabupaten Banyuasin. Dapat diikuti oleh PKK Kecamatan, Organisasi, OPD dan masyarakat umum. Banyak lomba yang akan diadakan mulai dari olahan berbasis UMKM, penghargaan kepada stand terbaik, lomba fotografi gertas dan rempah dan masih banyak lagi”, jelasnya.

“Saya berharap kepada seluruh pihak yang terkait baik itu kepada OPD, Camat dan Ketua TP-PKK Kecamatan se-Kabupaten Banyuasin dapat memberikan dukungan dan kerjasama sehingga dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat, memerangi stunting untuk mewujudkan Banyuasin Bangkit, Adil, dan Sejahtera,” tandasnya.