Berita

Rakercab Pramuka Kabupaten Banyuasin Tahun 2020 Resmi Dibuka

Pangkalan Balai — Bupati Banyuasin selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Ka Mabicab) Kabupaten Banyuasin secara resmi membuka Rapat Kerja Cabang (Rakercab) Pramuka Kabupaten Banyuasin, bertempat di Auditorium Pemkab Banyuasin, Senin (08/02).

Bupati Banyuasin H. Askolani, SH., MH mengatakan Gerakan pramuka bertujuan untuk membentuk setiap pramuka memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa serta kepedulian terhadap sesama, Lingkungan dan alam.

“Untuk mencapai itu semua sesuai dengan Arahan Gubernur Sumsel Kwarcab harus memiliki Bumi Perkemahan sendiri demi untuk meningkatkan pendidikan Kepramukaan di daerah masing-masing”, katanya.

Askolani menuturkan Kabupaten Banyuasin sebelumnya memang telah memiliki Bumi Perkemahan di Hutan Kemampo. Namun karena terkait kepemilikan lahan Hutan saat ini telah di Kelola oleh Pihak Kementerian.

” Untuk Permasalahan Bumi Perkemahan di Kabupaten Banyuasin akan kami bahas lagi kedepannya tapi untuk Bumi Perkemahan di Kecamatan kami instruksikan Kwartir Ranting untuk mempersiapkan usulan bumi perkemahannya”, jelasnya.

Tak lupa dalam menghadapi Covid-19 seperti sekarang ini Bupati Askolani berharap Pramuka Kabupaten Banyuasin dapat menjadi Pelopor Penanganan Covid-19 hingga membantu pemulihan ekonomi di Banyuasin

“Kami harap Pramuka Banyuasin juga dapat memasukkan dalam program kerjanya untuk menjadi pelopor pemulihan ekonomi akibat Covid-19 khususnya di Kabupaten Banyuasin, serta tidak lupa selalu menerapkan Protokol Kesehatan dalam setiap kegiatan.

“Selamat bermusyawarah semoga dapat menyusun program kerja kwartir cabang yang bersinergi dengan visi Banyuasin Bangkit, Adil dan Sejahtera melalui Program Banyuasin Cerdas, Banyuasin Sehat hingga Banyuasin Religius,” Tegasnya.

Sementara itu Wakil Ketua Kwarda Provinsi Sumatera Selatan Prof. Edward Juliartha mengatakan dimasa pandemi COVID-19 seperti sekarang ini pramuka selain menjadi garda terdepan menjaga ideologi bangsa, pramuka dapat juga hadir dalam membantu menangani Virus ini dengan menerapkan 3M (Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan menggunakan sabun).

“Kegiatan ini sangat penting bagi kelancaran program 1 tahun. Tentu peran strategis yang selama ini telah diuji keberadaan Pramuka untuk terus kita sampaikan. Pramuka juga dapat berperan dalam aktivitas kemasyarakatan, sosial dan budaya, dan juga kegiatan-kegiatan sosial yang memang betul membutuhkan uluran tangan kita, seperti bencana alam, longsor, banjir dan sebagai nya ,” jelasnya.

Turut hadir Sekretaris Kwarda Provinsi Sumatera Selatan H. Amriyadi, Waka Mabicab Banyuasin H. Slamet Somosentono, SH, Wakil Ketua Kwarcab Banyuasin H. M Yusuf, M. Si, Wakil ketua TP- PKK Banyuasin H. Neny Tri Haryani Slamet