Berita

KPID Sumsel Dan Kominfo Banyuasin Ajak Masyarakat Cerdas Memilah Tayangan Media Elektronik

Banyuasin III — Sosialisasi Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) tentang literasi Media berlangsung di Kantor Lurah Mulya Agung, Kecamatan Banyuasin III, Kabupaten Banyuasin, Senin (07/12/2020).

Sosialisasi ini betujuan agar masyarakat menjadi cerdas dalam memilah tayangan Media Elektronik yang sesuai dengan kategori umur penonton. Mengingat peran penting dari KPID dalam memonitor, mengedukasi masyarakat yang berkaitan dengan penyiaran di Indonesia.

Direktur Operasional Radio Suara Banyuasin, Iswandi, SH., M.Si menyambut baik sosialiasi yang dilakukan oleh KPID Sumsel dan mengucapkan terimakasih atas terpilihnya Kecamatan Banyuasin III Kabupaten Banyuasin sebagai tempat terselenggaranya sosialisasi yang sangat bermanfaat.

Pada dasarnya masyarakat dewasa ini telah menyadari peran penting dari media elektronik sebagai alat penyampai informasi dan telah menjadi kebutuhan yang tidak terpisahkan bagi masyarakat banyak.

“Untuk itu kita pahami bersama dan mari bersama menjadi kontrol pada setiap tayangan yang ditonton dan disampaikan kepada masyarakat. Hari ini kita belajar bersama, terutama ibu-ibu dirumah untuk belajar memilih tayangan yang cocok untuk anak-anak dirumah,” jelas Iswandi.

“Mari kita manfaatkan sosialisasi yang sangat baik ini untuk memperluas pengetahuan dan menjadi kontrol ganda dari tanyangn media elektronik yang kita peroleh,” tutupnya.

Hal yang sama disampaikan oleh Wakil Ketua Komisioner KPID Sumatera Selatan, Herfriady, MA. Tujuan dilakukan sosialisasi
ini adalah mengajak masyarakat untuk sadar akan tayangan yang baik atau cocok pada kategori umur. “Hal ini tentu saja menjadi peran Kami sebagai komisi penyiaran untuk mengontrol, memberitahu dan menghimbau kepada masyarakat untuk setiap tayangan dari media elektronik saat ini,” jabarnya.

Herfriady menambahkan agar masyarakat juga tidak segan melaporkan tayangan yang tidak baik atau tidak layak, agar tercipta sinergi antara masyarakat dan KPID demi mewujudkan penyiaran yang sehat dan edukatif. “Kami sangat menyambut setiap masyarakat yang ikut andil dalam mengamati siaran dari media elektronik yang beredar,” himbaunya.

Menciptakan siaran yang sehat dan edukatif adalah peran dari banyak aspek, dari masyarakat, organisasi dan tentu saja KPID yang menjadi wadah aspirasi atau mewakili kepentingan masyarakat.

Turut hadir Plt. Kepala Dinas Kominfo Banyuasin, Tarmizi, S.Sos., MM, Sekretaris Camat Banyuasin III, Santo, S.Sos., M.Si, Lurah Mulya Agung, Dadang Adrianto, ST, dan masyarakat Banyuasin III.

 

(Diskominfo/PKP).