Berita

24 Warga Muara Telang Terserang DBD

Banyuasin –  Cuaca ekstrem seperti beberapa minggu ke belakang meningkatkan risiko penyebaran penyakit, salah satunya demam berdarah (DBD) di musim hujan. Dimana Puluhan warga diserang nyamuk demam berdarah.

Ketua Komisi III DPRD Banyuasin, H Nurwahid bersama Puskemas Telang Jaya Telang bersama Pemerintah Kecamatan Muara Telang, Kabupaten Banyuasin, lakukan foging dan membagikan bubuk abate di sarang nyamuk, Sabtu (26/12).

Setelah melewati wilayah perairan tibalah H. Nurwahid bersama pihak Puskesmas Telang Jaya Telang serta Camat Muara Telang, M. Sobri, S.Sos., ke pelosok, Desa Sumber Mulya. Lokasi yang mendapatkan serangan nyamuk demam berdarah selama lebih kurang satu bulan ini.

Saat tiba, mereka langsung melihat dan telah membantu satu warga yang baru terkena serangan nyamuk itu.  Sedangkan puluhan warga lainnya yang telah terkena demam berdarah. Berangsur semuanya sembuh dari penyakit yang mematikan itu.

Nurwahid bersama rombongan tim kesehatan langsung mencari beberapa lokasi yang menjadi sarang-sarang tempat nyamuk itu berkembang biak.  Alhasil, tim kesehatan dan anggota DPRD Banyuasin itu menemukan tempat-tempat yang menjadi sarang hewan kecil yang membawa penyakit berbahaya.

“Tong tempat penyimpanan air hujan atau tetmon besar ini, banyak jentik-jentik nyamuknya dan tong ini tidak pernah dikuras.” katanya

Mereka pun menghimbau agar masyarakat sesegera mungkin membersihkan tong-tong besar pembagian pemerintah daerah yang di gunakan untuk menampung air hujan atau air bersih. Yang ada di setiap rumah warga dan mreka juga memberikan bantuan bubuk abate kepada warga. Untuk mencegah jentik-jentik nyamuk hidup di penampungan air.

“Hal ini kita lakukan agar warga terhindar dari bahaya nyamuk itu dan kita lakukan foging hari ini.” Ungkapnya.

Beliau juga  mengharapkan pihak pemerintah daerah atau dinas terkait. Untuk dapat mengupayakan alat foging yang baru dan itu harus segera diadakan.  Karena, alat foging untuk memberantas nyamuk ini sudah usang dan sering rusak saat digunakan.

“Kita harapkan pengadaan alat foging segera dilakukan Dinas terkait,” Tegasnya Untuk itu, ia juga menyarankan ikan cupang atau tempalo itu sangatlah bagus juga untuk di pelihara pada tempat penampungan air. Agar dapat mencegah dan membunuh jentik jentik nyamuk. Ikan cupang boleh juga buat cegah jentik nyamuk,” ucapnya

Selain itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuasin, melalui kepala Puskesmas Telang Jaya Telang Maizo S,KM didampingi dr Yulesi mengungkapkan dari serangan nyamuk demam berdarah itu. Sebanyak 24 orang terkena Demam Berdarah dan yang  telah sembuh sebanyak 22 orang yang sempat ditangani dan terdata pihaknya. Masih ada tiga orang yang baru terkena dan proses pengobatan.”

“Jadi kita harapkan masyarakat dapat segera membersihkan tempat penampungan air.” Serta tidak membiarkan tempat tempat yang dapat menjadi genangan air yang berpotensi menjadi sarang nyamuk berbahaya itu. “Besok seluruh desa kita akan himbau dan foging kembali agar tidak ada korban,” tutupnya