Berita

UMKM Kecamatan Mendapatkan Pelatihan Kewirausahaan Dan Kemudahan Izin

banner website banyuasin

Banyuasin II – Pelatihan kewirausahaan bagi Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Kemudahan Izin bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Dinas Koperindag dan UKM) Kabupaten Banyuasin berlangsung di Desa Sunsang II, Kantor Camat Banyuasin II, Sabtu (07/11/2020).

TP. PKK Kabupaten Banyuasin melalui Dinas Koperindag dan UKM Kabupaten Banyuasin bersinergi untuk mendukung program visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati menuju Banyuasin Prima, upaya pemerintah menumbuhkan jiwa kewirausahaan melalui UMKM dalam hal memfasilitasi kemudahan menjalankan usaha dan izin usaha pada produk-produk yang dihasilkan.

Pelatihan ini diberikan kepada UMKM beberapa Kecamatan yang ada di Kabupaten Banyuasin yang mengajukan proposal permintaan kepada Dinas Koperindag Kabupaten Banyuasin.

Camat Banyuasin II, Salinan, S.Sos., M.Si menyampaikan bahwa ini upaya sangat maksimal dari Pemerintah agar UMKM dapat bertahan dimasa Pandemi saat ini. Pemerintah Kecamatan berupaya bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten untuk memfasilitasi pelatihan hari ini.

“Kita ketahui bersama disaat Pandemi yang telah kita hadapi sampai saat ini, UMKM yang masih tetap bertahan dimasa sulit saat ini. Untuk itulah kami mengusulkan meminta difasilitasi Pelatihan Kewirausahaan ke Diskoperindag dengan dukungan Ketua TP PKK Kabupaten Banyuasin melakukan upaya seperti pelatihan hari ini,” ungkap Salinan.

“Terima kasih banyak kepada Ketua TP PKK Kabupaten Banyuasin, dr. Sri Fitriyanti Askolani dan Dinas Koperindag Kabupaten Banyuasin atas perhatian dan fasilitas yang telah diberikan bagi UMKM Kecamatan Banyuasin II,” tutupnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Banyuasin, dr. Sri Fitriyanti Askolani menyampaikan hal yang sama. TP PKK Kabupaten bersama Diskoperindag Kabupaten Banyuasin akan terus berupaya agar UMKM tetap kuat dimasa pandemi Covid 19 yang masih berlangsung hingga saat ini.

Sebagai mitra Pembangunan dan Program Pemerintah Kabupaten Banyuasin, TP PKK bekerja selaras dengan 7 (Tujuh) program yang dicanangkan Bupati dan Wakil Bupati Banyuasin. “PKK bersinergi membangun dari Desa sampai Ke Kabupaten dengan semua program yang ada, hingga program Banyuasin Bangkit, Adil dan Sejahtera dapat dirasakan secara merata kepada seluruh masyarakat Kabupaten Banyuasin,” tegas Fitriyanti.

“Upaya pengembangan usaha ditengah pandemi saat ini baik dari segi inovasi produk dan cara mendapatkan permodalan usaha. PKK bersama Diskoperindag berkomitmen akan menindaklanjuti dan mengupayakan memfasilitasi UMKM dalam mendapatkan Sertifikat Keamanan Pangan, Izin PIRT dan Sertifikasi halal bagi produk UMKM,” ungkap beliau.

Pelatihan kewirausahaan ini diikuti oleh 30 (Tiga Puluh) Peserta dari Binaan UP2K dan 40 (Empat Puluh) Peserta dari Kecamatan Banyuasin II. Adapun narasumber atau instruktur untuk pelatihan ini berasal dari Klinik Bersama UMKM Palembang, Pengurus PKK Kabupaten, BPOM Palembang, Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuasin, dan DPM PTSP Kabupaten Banyuasin.

Turut hadir Kepala Dinas Koperindag Kab. Banyuasin, Drs. H. Lukman, Ketua TP PKK Kecamatan Banyuasin II, Masdianawati, Tim PKK Kabupaten dan Kecamatan Banyuasin II.

 

(Diskominfo/PKP).

Share :