Berita

Bupati Banyuasin: Banyuasin Harus Bisa Menjadi Tuan Rumah Sendiri Dalam Kesejahteraan Ekonomi

Muara Sugihan – Rapat Koordinasi Bupati dan Pembinaan Kader PKK Kecamatan Muara Sugihan oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banyuasin berlangsung di Kantor Desa Timbul Jaya Kecamatan Muara Sugihan Kabupaten Banyuasin, Rabu (04/11/2020).

Rapat Koordinasi yang berlangsung hari ini merupakan Rakor Ke-2 (Dua) Bupati dan Wakil Bupati Banyuasin. Rakor ini bertujuan untuk berkoordinasi, memantau langsung semua perangkat Kecamatan dan Desa untuk terus memaksimalkan pembangunan yang merata dari Kabupaten sampai ke Desa.

Rakor ini merupakan cara penguatan 7 (Tujuh) program Banyuasin Bangkit, Adil dan Sejahtera. Bertujuan agar Pemerintah Kabupaten, Kecamatan dan Desa seiring sejalan dalam mencapai hasil yang baik untuk kesejahteraan bersama.

Bupati Banyuasin, H. Askolani, SH., MH menegaskan bahwa selain kita bekerja untuk mencapai kesejahteraan melalui 7 (tujuh) program Banyuasin Bangkit, juga ada 7 (Tujuh) Gerakan yang harus dijalankan dan dimaksimalkan di Kecamatan dan Desa.

7 (Tujuh) Gerakan Rutin atau Kegiatan Rutin tersebut meliputi Gerakan Gotong-Royong, Gerakan Tanam Sayur Mayur, Gerakan Bayar Zakat, Infaq dan Shadaqah, Gerakan Pembangunan Rumah Tahfidz Al-Qur’an, Gerakan memelihara Ternak Unggas, dan Gerakan Program Bedah Rumah.

“Saya tegaskan agar Gerakan ini dilakukan dan disosialisasikan di Kecamatan dan Desa. Camat dan Kades sebagai Pimpinan harus memberi arahan, binaan dan upaya serta contoh bagi masyarakat di Kecamatan atau Desa masing-masing,” himbau Askolani.

“Saya ingin kita menjadi tuan rumah di Kabupaten kita sendiri. Kita harus punya tekad agar beras kita produksi sendiri dan dikonsumsi sendiri. Selain itu juga gerakan menanam sayur, buah-buahan dilakukan oleh masyarakat sendiri, beternak dengan memilihara unggas agar terpenuhi kebutuhan rumah sendiri. Agar kita menjadi mandiri dalam ekonomi, maka yakinlah Banyuasin akan bangkit dan sejahtera,” ajaknya.

Selanjutnya Bupati melakukan dialog kepada semua Kades di Kecamatan Muara Sugihan baik berupa permasalahan yang ada di setiap Desa.

 

Selain itu juga dilakukan Pembinaan Kader PKK Kecamatan Muara Sugihan. Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banyuasin, dr. Sri Fitriyanti Askolani menyampaikan bahwa pembinaan ini untuk penguatan organisasi PKK itu sendiri.

“PKK mempunyai 10 Program Pokok yang terus kita lakukan penguatan termasuk hari ini. Pembinaan ini kita lakukan keseluruh kader PKK se-Kecamatan Banyuasin. Baik UP2K, HATINYA PKK dan program lainnya,” jelasnya.

“Semua ini dilakukan guna mendukung Pemerintah dalam mensejahterakan masyarakat, ekonomi mandiri agar kita bisa bangkit dari keterpurukan ekonomi apalagi dimasa Covid 19 ini,” tutup Fitriyanti.

Turut hadir FORKOPIMDA Kab. Banyuasin, Kepala OPD Kabupaten Banyuasin terkait, Camat Muara Sugihan, Unsur Forkopimcam, Kades dan Tokoh Masyarakat, Ketua DWP Kabupaten Banyuasin, Hj. Hamida Senen Har, Tim Penggerak PKK Kabupaten dan Tim Penggerak PKK se-Kecamatan dan Desa Muara Sugihan

 

 

(Diskominfo/PKP).

Share :