Berita

Gubernur Sumsel Bersama Bupati Banyuasin Meresmikan Ground Breaking Lanjutan Pembangunan Tol Trans Sumatera Ruas Palembang – Betung

MAINAN — Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru bersama Bupati Banyuasin H. Askolani melaksanakan Groundbreaking Pembangunan Tol Trans Sumatera Ruas Palembang – Betung yang dilaksanakan di Desa Mainan, Kec. Sembawa, Kab. Banyuasin dihadiri juga oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI yang diwakili oleh Dirjen Bina Marga Hedy Rahadian, Mainan, Kecamatan Sembawa (Kamis, 15/10).

Mengawali sambutannya, HD mengucapkan terima kasih kepada Presiden RI dan Menteri PUPR dan menyambut baik pembangunan Tol ini dan  Exit Tol  nantinya dekat dengan pemukiman masyarakat agar manfaat jalan Tol dapat dirasakan oleh masyarakat.

Selain itu HD juga meminta kepada Pemerintah Kab. Banyuasin untuk dapat membebaskan lahan (20%) yang belum terselesaikan yang berada diwilayah Suak Tapeh agar progres pembangunan ini cepat terselesaikan.

Terkait dengan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN ), HD mengatakan bahwa ini membutuhkan sinergitas dari berbagai sektor salah satunya infrastruktur, seperti yang selama ini ia lakukan ke Kabupaten/Kota se Sumsel.

“Pembangunan Tol  ini merupakan solusi untuk mengurai kemacetan yang sering terjadi di Palembang-Betung  dan semoga dengan adanya jalan tol ini dapat mendorong peningkatan ekonomi di wilayah Sumsel dan tentunya memberikan kenyamanan  berkendara bagi masyarakat”, tegasnya.

Pada kesempatan yang sama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI yang diwakili oleh Dirjen Bina Marga Hedy Rahadian menyampaikan bahwa Tol bukanlah sebuah tujuan pembangunan melainkan ini merupakan instrument dalam membangun wilayah agar dapat mengembangkan beberapa sektor, khususnya pertumbuhan ekonomi.

Sementara itu Bupati Banyuasin H. Askolani, SH., MH menjelaskan Banyaknya dampak positif dari pembangunan ruas tol Palembang – Betung ini terutama dalam mengurai kemacetan seperti saat ini hingga mempermudah dan mempersingkat jarak tempuh Kabupaten Banyuasin ( Pangkalan Balai – Betung) ke Palembang serta bisa Langsung ke Lampung.

” Selain dari mengurangi kemacetan Kami yakin Pembangunan ini dapat meningkatkan Ekonomi yang ada di Banyuasin dengan adanya UMKM-UMKM yang akan kita tempatkan di Rest Area di tol ini, kedua juga mempermudah Pengangkutan Hasil Sumber daya Alam yg ada di Banyuasin sehingga meningkatkan harga jual begitu juga sebaliknya produksi dari Luar yang masuk ke Banyuasin sehingga harga bisa relatif lebih murah”, tutupnya.