Berita

Bupati Ajak Masyarakat Ramaikan Tempat Ibadah Dengan Protokol Kesehatan Ketat

banner website banyuasin

Talang Kelapa — Ada dua agenda peringatan besar yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Banyuasin di bulan Agustus tahun ini. Setelah sebelumnya bersemangat merayakan peringatan HUT kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75, malam ini Pemkab Banyuasin menyelenggarakan Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1442 H.

Digelar di Masjid Bakti Pasir Putih sukajadi, Kecamatan Talang Kelapa, acara yang bertujuan untuk mengingat kembali perjalanan hijrah Nabi Muhammad SAW ini dihadiri langsung oleh Bupati Banyuasin, H. Askolani, SH.,MH.

Bupati Askolani menyampaikan agar peringatan Tahun Baru umat Islam ini dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan masyarakat Banyuasin. “Kesabaran kita sebagai umat Nabi Muhammad SAW sedang diuji dengan kondisi pandemi corona, tetapi saya yakin kita akan mampu melaluinya dengan baik” ujar Bupati.

Bupati Banyuasin lebih lanjut bahwa pihaknya telah membuka kembali tempat-tempat ibadah karena ia yakin masyarakat telah sangat merindukan kegiatan rutin ibadah yang biasa dilakukan dimasjid, seperti pengajian, majelis taklim dan lain sebagainya. “Asal protokol kesehatan harus dijalankan” tegasnya.

Diakhir sambutannya Bupati berjanji akan memberikan bantuan empat buah pendingin ruangan yang diharapkan dapat meningkatkan semangat beribadah jamaah Masjid Bakti.

Selanjutnya, Ustad Syahroni Masnia dalam tausiyahnya mengajak para hadirin untuk menjadikan peringatan Tahun Baru Islam ini sebagai momentum untuk mengevaluasi dan introspeksi diri. “Apakah ibadah kita, ketaatan kita, ketaqwaan kita sudah lebih baik dari tahun sebelumnya?!” ujar Ustad Syahroni. Karena beliau berharap masyarakat Banyuasin termasuk masyarakat yang beruntung karena kualitas ketaatan yang lebih baik dari tahun ke tahunnya.

Ustad juga menjabarkan tentang sejarah 1 Muharram sebagai tahun baru Islam. Momemtum ini ditandai dengan peristiwa besar hijrah Nabi Muhammad SAW dari kota Mekkah ke Madinah pada tahun 622 Masehi. Hal selanjutnya dijadikan perhitungan kalender hijriyah sebagai sistem penanggalan sehari-hari dengan menggunakan peredaran bulan sebagai acuannya.

Dalam kesempatan tersebut Hadroh Jam’iyah Irmasti menyambut kedatangan orang nomor satu di Bumi Sedulang Setudung, selain itu Bupati dan rombongan juga disuguhi air minum yang sebelumnya telah dibacakan doa istighotsah.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Ketua Tim Penggerak PKK Kab.Banyuasin, Asisten II Setda Kab.Banyuasin, Kepala Dinas Kominfo, Kepala BPBD-Kesbangpol, Kabag Kesra Setda Kab.Banyuasin, Ibu ibu Pengurus TP.PKK dan DWP Kab. Banyuasin, Camat Talang Kelapa, Danramil Talang Kelapa, dan sejumlah tokoh masyarakat Sukajadi.

Share :