Tiga Indikator Dasar Penilaian HATINYA PKK

Tiga Indikator Dasar Penilaian HATINYA PKK

Tiga Indikator Dasar Penilaian HATINYA PKK

by 2 Juli, 2020

Air Kumbang – Penilaian HATINYA PKK kedua kalinya dilaksanakan di Desa Cinta Manis Baru, Kecamatan Air Kumbang. Sebagai salah satu nominasi Kecamatan yang memenuhi kriteria penilaian HATINYA PKK yang sebelumnya telah dilakukan verifikasi melalui profil desa, peninjauan ini digelar di Kantor Camat Air Kumbang, Desa Cinta Manis Baru, Kamis (02/07).

Camat Air Kumbang, Lakoni Syafran, SH., M.Si menjelaskan bahwa PKK Kecamatan Air Kumbang memang memiliki Kebun yang memang dikelola langsung ditanami dengan apotik hidup, sayur, buah dan juga ada contoh Halaman perkebunan KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari) yang bertempat di Desa Cinta Manis Baru.

Tiga indikator dasar yang menjadi penilaian HATINYA PKK yakni pemanfaatan perkarangan rumah, komoditi pangan seperti ternak dan ikan. Ketiga sumber ini harus seimbang antara karbohidrat, protein hewani dan nabati.

Hal ini disampaikan oleh Ir. Hj. Nazlatul Auda sebagai Ketua Pokja III, Ketua Tim Penilai Hatinya PKK Kabupaten Banyuasin.
Jadi 3 indikator ini kriteria utama yang harus mencapai 80%.

“Jika kurang dari 80% dari ketiga indikator, maka penilaian kita juga akan berkurang. Karena ketiga inilah jadi kriteria utama dalam penilaian HATINYA PKK,” jelasnya.

Hal senada disampaikan oleh Ketua TP PKK Kabupaten Banyuasin, dr. Sri Fitriyanti Askolani. Pemanfaatan perkarangan diantaranya kebun gizi keluarga dengan buah dan sayur, apotik hidup dengan tanaman tradisional, warung hidup dengan aneka bumbu dan rempah serta tanaman pelindung/tanaman keras.

“Mari bersama-sama memanfaatkan perkarangan rumah semaksimal mungkin melalui HATINYA PKK, dengan pengoptimalkan pemanfaatan perkarangan melalui pendekatan terpadu dengan berbagai jenis tanaman, ternak dan ikan,” ajaknya.

“Dan hal ini dapat diharapkan menjamin ketersediaan bahan pangan yang beranekaragam secara terus menerus guna pemenuhan gizi dan pendapatan keluarga apalagi ditengah Pandemi Covid 19 seperti sekarang ini,” harapnya.

“Penilaian ini akan dilakukan langsung oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten, dengan memperhatikan ketiga indikator dasar tadi. Semoga Kecamatan Air Kumbang dapat menjadi pemenang untuk mengikuti lomba HATINYA PKK tingkat provinsi,” tutupnya.

Dihadiri Ketua Dharma Wanita Persatuan Kab. Banyuasin, Hj. Hamida Senen Har, Kapolsek Air Kumbang, Iptu Jimmy Andri, SH, Ketua TP PKK Kecamatan Air Kumbang, Lusiana, S.Pd, Kades Cinta Manis Baru, Suyakno, SE, Ketua TP PKK Desa Cinta Manis Baru, Evi Aryani, S.Pd, UPTD Puskesmas Air Kumbang, Abi Sopian, SKM dan Kepala KUA Air Kumbang, Idham Khalid.