Berita

Tangkal Covid-19 Dapat Dimulai Dengan Membiasakan Gerakan PHBS

SELAT PENUGUAN — Bupati Banyuasin, H. Askolani, SH., MH melakukan roadshow Hari ke-3 di 21 Kecamatan. Ini semua dilakukannya dalam upaya melihat langsung ketertiban masyarakat untuk mematuhi protokol Covid 19 di Dua Kecamatan, yaitu Kecamatan Selat Penuguan, Karang Agung Ilir, upaya ini menekan penyebaran Covid 19 yang makin meningkat dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Jumat (05/6).

Orang nomor satu di Banyuasin ini menjelaskan hal paling penting untuk mencegah covid-19 dapat juga dilakukan dengan menerapkan PHBS, seperti: membiasakan mencuci tangan pakai sabun, semaksimal mungkin di air mengalir dan di lap dengan tissue bersih, menjaga kebersihan lingkungan, dan juga harus meningkatkan imunitas/kekebalan tubuh dengan mengkonsumsi gizi seimbang, tidak merokok, suplemen vitamin, olahraga ringan dan istirahat yang cukup.

“Selalu terapkan protokol kesehatan, gunakan masker bila sangat perlu keluar rumah, lakukan physical distancing, jaga jarak dengan lawan bicara”, tutur Bupati H. Askolani.

Lebih lanjut ia menambahkan Gugus tugas Percepatan Penangan Covid-19 telah melakukan usaha semaksimal mungkin dalam menekan jumlah Peningkatan Terkonfirmasi Positif, namun Hingga Saat ini per Kamis tanggal 4 Juni 2020 mencapai 76 orang. Dari jumlah tersebut, 13 orang di antaranya telah dinyatakan sembuh, sehingga menyisakan 59 kasus yang masih dirawat, 4 orang.

“Usaha demi usaha telah dilakukan namun dalam hal Covid-19 membutuh Kerjasama dan Kesadaran diri dari masyarakat untuk membiasakan diri menjalankan Protokol Covid-19 Atau menjalankan Pola PHBS”, jelasnya.

Bupati Banyuasin menyerah Bantuan untuk Masjid Al-Muhajirin Desa Sumber Rejo Kecamatan Selat Penuguan

Sementara itu  Ketua DPRD Banyuasin Irian Setiawan mengatakan DPRD Banyuasin mendukung penuh kegiatan yg dilakukan Pemerintah Banyuasin dalam Hal Pencegahan dan Penularan Covid-19 di Banyuasin.

“Kami dari DPRD Banyuasin mendukung Kegiatan Untuk Pencegahan Penularan Covid-19. Anggota Dapil masing masing Kecamatan juga turun langsung kelapangan bersama Bupati Banyuasin untuk melihat langsung aspirasi masyarakat “, katanya.

Penyerahan Bantuan Buku dari Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Banyuasin Kepada Perpustakaan Desa dan Kelurahan

Pada Roadshow hari ke-3 ini juga Bupati Banyuasin Bersama Pimpinan DPRD Banyuasin melaksanakan Safari Jum’at di Masjid Al- Muhajirin Desa Sumber Rejo serta menyerahkan bantuan untuk masjid Al-Muhajirin serta Bantuan untuk masyarakat yang kurang mampu dari Baznas Banyuasin, dan menyerahkan bantuan Buku Dari Dinas Perpustakaan Kearsipan Daerah Banyuasin kepada Para Kades di Selat Penuguan Dan Karang Agung Ilir.

Roadshow hari ke-3 ini Berakhir di Kecamatan Karang Agung Ilir, Bupati Banyuasin melakukan pertemuan dengan Camat, Kapolsek, Danramil, Hingga Unsur Forkopimcam Karang Agung ilir.

Serta Menyerahkan Bantuan:
1. Buku Perpustakaan untuk Desa/Kelurahan Sebanyak 160 Perdesa/Kelurahan
Desa Karang Sari Desa Sumber Rezeki

2.Buku Pedoman Pendirian dan Kurikulum rumah Tahfiz sebanyak 20 exemplar

3.uang Sebesar 7.000.000 untuk petugas Satgas di 7 Desa Se-Kecamatan Karang Agung Ilir

4.Penyerahan Bantuan Beras Sebanyak 10ton untuk penanggulangan Covid-19 melalui Gugus Tugas Pemkab Banyuasin dari masyarakat Desa Jati Sari yang secara simbolis diserahkan oleh Sukarjo Kepala Desa Jati SariSari kepada Bupati Banyuasin H. Askolani.

Turut Hadir Ketua DPRD Irian Setiawan, Wakil Ketua Sukardi, Wakil Ketua Noor Ismatudin, Ketua Komisi III Drs Nur Wahid, anggota dewan Dapil II Jupriyadi, Farida Achyati Rohim, Alex Sander, Asdiyanto Uci dan H Ali Mahmudi.

Kapolsek Pulau Rimau AKP Underson, Danramil Pangkalan Balai, Camat Selat Penuguan Suratman, Kades dan Kepala Puskesmas.