Berita

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Gelar Persiapan Pembuatan Soal Ujian

banner website banyuasin

Banyuasin –Dinas Pendidikan Dan Keudayaan mengelar rapat perumusan kisi-kisi soal,  sejumlah elemen pendidikan sekolah dasar (SD) se-Banyuasin dilibatkan dalam rapat. Rapat ertempatan di Sekolah Dasar (SD) 13 Banyuasin III, yang terdiri dari kepala sekolah, guru serta pengawas juga ikut terlibat. Selasa (28/1).

Kepala idang SD A. Ihwani melalui Kasi Kurikulum dan Pembangun Karakter Rahmad  mengatakan rapat ini hanaya untuk  persiapan  membuat soal  serta  perumusan kisi-kisi soal dilaksanakan guna persiapan bagi 494 SD aik negeri maupun swasta yang akan melaksanakan USN sekitar bulan mei 2020 dan untuk pelaksanaan pembuatan soal sebelumnya isa dipastikan waktunya.

“Dengan dilakukan rapat pembentukan panitia USBN SD baik negeri maupun swasta , sehingga dilakukan penyususnan  kisi-kisi soal USBN SD tinggal pelaksanaan pembuatan soalnya lagi dan untuk tempat pembuatan soal nanti akan diatur lagi. Dimana kisi-kisi soal tetap mengacu pada petunjuk teknis dalam pembuatan soal baik kurikulum  2013 (K-13) maupun soal kurikulum 2016 atau kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), bila memang ada sekolah yang masih menggunakan KTSP,”jelasnya.

“Walaupum pelaksaan UNBN masih beberapa bulan lagi, namun herus dilakukan persiapan lebih matang agar pelaksaaan dapat berjalan  dengan lancar dan sesuai waktu yang dusah ditentukan dalam juknis pembuatan USBN. Ada tiga mata pelajaran  USBN  ditingkat SD yaitu matematika, bahasa indonesia dan ilmu pengetahuan alam (IPA). Selain pilihan ganda ada juga soal esai sebanyak 10 persen dari total soal”ungkapnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Banyuasin Drs. H. M. Yusuf, M.Si menghimbau  para siswa untuk sering  mengerjakan  soal-soal  latihan dalam menghadapi USBN melalui Try Out, serta jam tambahan pelajaran agar tidak menemui kendala pada USBN nanati dengan harapan agar hasilnya nanti memuaskan.

“Disdikud sedang menghimpun data dari 494 satuan pendidikan SD yang akan menyelenggarakn USBN tahun 2019/2020. Jumlah penyelenggaraan USBN tahun ini memang tidak eruah, hanya saja peserta ujian yang berubah jumlahnya,”pungkasnya.

Share :