Berita

Realisasikan infrastruktur bagus, Jalan palembang-betung 2020 start pelebaran

Palembang – Jumat, (13/9) Kemacetan dan kepadatan ruas jalan palembang-betung sangat dirasakan oleh pengguna sangat memberikan ketidaknyamanan berkendara, dengan kondisi ruas jalan eksisting tidak berimbang dengan volume kendaraan yang melalui nya. Sehingga tidak heran jarak yang hanya kurang lebih 80 km bisa memakan waktu lebih dari 5 jam, apalagi jika ada kendaraan besar yang mogok dapat menyebabkan kemacetan panjang berkilo kilo meter.

 

Meskipun ini jalan nasional, dan tanggung jawab pemerintah pusat tidak menyurutkan tekad bupati banyuasin H Askolani untuk melakukan usaha berbagai cara agar pemerintah pusat segera memperbaiki jalan nasional palembang-betung ini.

Ini terbukti Bupati Banyuasin H Askolani telah beberapa kali memaparkan kondisi jalan ini langsung kepada Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan hasil kerja keras bupati mendapat respon positif.

Terungkap pada rapat hari ini Jumat 13/09/2019 di Balai besar jalan nasional V kementerian PUPR dipalembang Bupati Banyuasin H Askolani didampingi kepala Bappeda litbang Erwin Ibrahim, Kadis Perkimtan Zulkifli Idrus dan kadis PUTR Ardiansyah melakukan rapat teknis bersama kepala Balai Besar Jalan Nasional V kgs Syaiful Anwar didampingi kabid program dan staf menjelaskan bahwa kementerian PUPR telah menyetujui usulan Bupati banyuasin dengan mengalokasikan anggaran sebesar 24,5 M pada tahap pertama pelebaran jalan nasional tersebut dan lelang kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada Oktober 2019 ini.

“Lelang akan segera dilaksanakan Oktober ini dan pelaksanaan dimulai akhir tahun ini, tetapi dengan syarat Pemkab banyuasin bersama masyarakat harus mendukung pembebasan lahan tersebut, karena jika pembebasan lahan tersebut tidak tuntas dalam 2 minggu ini, maka alokasi anggaran tersebut akan dibatalkan dan kemungkinan dipindahkan ketempat lain”, menurut kepala balai Syaiful Anwar melalui kabid program Syahputra dani. Menanggapi hal tersebut Bupati Banyuasin H Askolani mengatakan “ saya menjamin bahwa Pemkab Banyuasin bersama masyarakat serta stakeholder terkait akan terus mendukung pelebaran jalan tersebut, baik pengawalan pelaksanaan pembangunan jalannya maupun pembebasan lahannya, dengan ini saya menghimbau masyarkat agar kita dukung bersama pembangunan yang kita nanti nantikan ini, dan saya perintahkan agar seluruh opd terkait segera menindaklanjuti hal ini, jangan tunda tunda lagi”.

Kepala bappeda litbang erwin ibrahim menjelaskan, kami akan segera menindak lanjuti instruksi bupati tersebut dengan mengumpulkan berbagai pihak terkait agar dukungan terhadap pembangunan jalan ini dapat berjalan dengan baik, jangan sampai dana yang sudah dialokasikan tersebut akhirnya pindah ketempat lain karena tidak dukung oleh pemkab bersama masyarakat, InsyaAllah kita yakin masyarakat dan berbagai pihak mendukung pembangunan ini, mulai hari ini kita start bekerja. Karena menurut data dari Balai Besar Jalan Nasional V masih ada beberapa titik lokasi yang belum dibebaskan.”

Kegiatan ini berlangsung dengan dihadiri beberapa staf terkait baik dari pemkab banyuasin maupun Balai Besar Jalan Nasional V dipalembang.

 

(DISKOMINFO/PKP)

Share :