Berita

140 Warga Pangkalan Benteng Nikmati Program Bedah Rumah, Bupati Supriono Harapkan Dapat Entaskan Kawasan Kumuh

PANGKALAN BALAI — Sebanyak 140 warga Desa Pangkalan Benteng Kecamatan Talang Kelapa Nikmati Program Bedah Rumah dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuasin. Ini ditandai dengan peletakan batu pertama pembangunan rumah salah satu warga oleh Bupati Banyuasin Ir. SA Supriono, MM, Kamis (3/08).

Dikatakan Bupati Supriono kondisi sosial saat ini Laju Pertumbuhan Penduduk yang tidak seimbang dengan Laju ketersediaan Infrastruktur berakibat munculnya permasalahan sosial seperti pemukiman kumuh berupa penurunan kualitas perumahan tidak layak huni dan tidak sehat

Salah satu cara menekan angka Kemiskinan dimulai dari meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang sehat dan mempunyai tempat tinggal yang layak. “Ini merupakan Salah satu Program Strategis Dalam pengentasan Kemiskinan di Kabupaten Banyuasin”, tegasnya

“Karena pembangunan ini dilakukan secara swadaya diharapkan semua pihak dapat bekerja Sama dengan baik serta penuh tanggung jawab agar menciptakan Rumah yang layak huni demi peningkatan kesejahteraan serta taraf hidup masyarakat di Kabupaten Banyuasin dapat terlaksana”, tutupnya.

Desa Pangkalan Benteng Kecamatan Talang Kelapa merupakan satu Dari beberapa desa atau Kelurahan wilayah kumuh perkotaan yang membutuhkan Sarana dan Prasarana khususnya peningkatan kualitas perumahan dan sanitasi. Total 1000 rumah dalam Kabupaten Banyuasin yang bisa menikmati program bedah rumah.

Sementara, Kepala Dinas Perumahan Pemukiman dan Pertanahan Noor Yosep Zath mengatakan Program Bedah rumah merupakan program berbasis kemasyarakatan. “Hari ini dilakukan peletakan batu pertama, ini merupakan satu diantara 140 rumah warga Pangkalan Benteng yang akan dibedah” kata Yosep

Lebih jauh ia menyampaikan warga yang berhak mendapat bedah rumah merupakan warga yang memiliki rumah tidak layak huni, seperti dikuasai secara fisik dan jelas batas-batasnya, bukan merupakan tanah warisan, tidak dalam status sengketa dan penggunaanya sesuai dengan rencana tata ruang.

Lebih positif lagi program bedah rumah ini melibatkan unsur TNI dan Polri. Bupati Banyuasin juga didampingi Satker SNVT. Prov. Sumsel Tazril Rusdi, Kapolres Banyuasin AKBP. Yudhi Surya Markus Pinem, S.IK, Dandim 0430 Banyuasin Mayor. C21. Agus Supriadi, S.Ag, Camat Talang Kelapa Aminudin. S.Pd, M.Si, Danramil Talang Kelapa Kapt. Sianturi, Kapolsek Talang Kelapa Kompol. Arianto, Kepala Desa Pangkalan Benteng Arfani, serta para Lurah juga kades.Sekecamatan Talang Kelapa dan seluruh warga Pangkalan Benteng yang turut hadir dalam Acara ini.

(Diskominfo/PKP)

Share :