Berita

Lirik Keberhasilan PHBS, PKK Pasuruan berguru Ke Banyuasin

PANGKALAN BALAI — Tim Penggerak PKK Kabupaten Banyuasin kedatangan tamu dari Kota Pasuruan Provinsi Jawa Timur. Kedatangan rombongan TP PKK Kota Pasuruan yang di Ketuai oleh Rini Wijajati, S.Pd., MM disambut hangat oleh TP PKK Kabupaten Banyuasin yang dipimpin Karwana, SE didampingi Ketua DWP Kab. Banyuasin Hj. Erni Firmansyah di Rumah Dinas Bupati Banyuasin, Pangkalan Balai (28/04).

Ketua TP PKK Kota Pasuruan Rini Wijajati, S.Pd., MM membawa sedikitnya 40 an rombongan yang terdiri dari PKK Kota Pasuruan dan unsur OPD Kota Pasuruan langsung menuju Rumah Dinas Bupati Banyuasin untuk kemudian melakukan pertemuan dengan TP PKK Kabupaten Banyuasin. “Kedatangan kami (PKK Pasuruan) kesini ingin mengetahui bagaimana inovasi yang dilakukan Pemkab Banyuasin yang bekerja sama dengan PKK Kab. Banyuasin dalam rangkan Pelaksanaan Perilaku PHBS di Kabupaten Banyuasin”, ujar Rini didampingi Lilik Murijanah, SH., MM dari Dinas Kesehatan Kota Pasuruan.

keberhasilan Pemkab Banyuasin di tingkat nasional menjadi daya tarik tersendiri bagi Kota Pasuruan untuk belajar banyak hal dalam pelaksanaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Kabupaten Banyuasin. ” Saya mendengar banyak hal tentang Banyuasin, terlebih soal Prestasi 6 Besar tingkat Nasional dalam PHBS” sambung Istri Walikota Pasuruan Drs. H Setiyono, M.Si.

Sementara itu Ketua TP PKK Kabupaten Banyuasin Karwana, SE pada kesempatan tersebut memaparkan secara singkat bagaimana melatih dan membina kader di kecamatan hingga desa. Juga menjelaskan terkait program-program apa saja yang telah dan akan dilakukan oleh PKK Kabupaten Banyuasin. Selain itu juga dipaparkan mengenai Keberhasilan Kabupaten Banyuasin di bidang PHBS dalam kancah Nasional.

“PKK adalah mitra Pemerintah Daerah. Kita harus mendukung segala program yang diusung oleh pemerintah daerah. Pemerintah dan PKK harus bersinergi untuk menyukseskan 10 Program Pokok PKK. Alhamdulillah, Pemkab Banyuasin sangat mendukung setiap program PKK” papar Karwana.

Usai melakukan paparan program kegiatan, keduanya melakukan tukar menukar cinderamata dan kerajinan khas masing-masing daerah. Pada kesempatan tersebut, rombongan melakukan dialog kepada sejumlah pengurus PKK. Selanjutnya rombongan bertolak mengunjungi Desa Sembawa untuk melihat kondisi Desa berperilaku PHBS di Kabupaten Banyuasin.

Seperti diketahui, Kabupaten Banyuasin meraih sukses dengan ditetapkan sebagai pemenang lomba pelaksana terbaik lomba PKK-KB-Kesehatan, Lingkungan bersih dan sehat, Pos Pelayanan Terpadu, dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam rumah tangga dalam rangka Hari Keluarga Nasional XXIII tahun 2016. Kabupaten Banyuasin merupakan salah satu dari enam kabupaten yang masuk ke babak enam besar. Tim Penilai Lomba Desa PHBS tingkat Nasional yang terdiri dari Perwakilan Kemenkes RI, M.Nur Askin Ridho,S.Si dan Wakil Ketua Pokja IV TP-PKK Pusat,Rahmawati telah melakukan penilaian langsung di Desa Lalang Sembawa pada 21 April 2016 yang lalu.

Desa Lalang Sembawa merupakan Juara I lomba Desa PHBS tingkat Kab. Banyuasin 2015, lalu berhasil juga meraih Juara I pada Lomba Desa PHBS tingkat Provinsi Sumatera Selatan. Dan kemudian Desa Lalang Sembawa mewakili Prov.Sumatera Selatan di tingkat Nasional. Selanjutnya penyerahan trophy diselenggarakan pada puncak peringatan Hari Keluarga Nasional yang digelar di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur pada 29 Juli 2016 lalu.

Dalam kunjungan kerja PKK Pasuruan tersebut turut dihadiri oleh 47 Rombongan PKK Kota Pasuruan, Kadinkes Kab. Banyuasin dr. H. Massagus M. Hakim, M.Kes., Kepala Baketpan Kab. Banyuasin Ir. Hj. Anna Suzana, M.Si., Kadis Koperindag Ir. Hj. Ria Apriani, M.Si., Perwakilan Badan KB dan Perlindungan Perempuan dan Anak, sejumlah PerwakilanOPD lainnya, Kades Lalalang Sembawa, dan pengurus PKK Kabupaten Banyuasin. (KominfoPKP)

Share :