Waspadai Hewan Kaki Seribu

hakimPangkalan Balai – Semua orang pasti tahu yang hewan kaki seribu atau luwing merupakan hewan yang cukup berbahaya. Hal itu seperti kejadian di masyarakat, Kecamatan Muara Padang sejak seminggu terakhir ini diresahkan serangan hewan kaki seribu. Hewan ini menyebabkan kulit anak-anak menjadi melepuh.

Hewan dalam bahasa Jawa Luwing ini muncul disejumlah tempat, tidak hanya dirumah penduduk bahkan bermunculan di sekolah, sehingga membuat masyarakat menjadi resah. kades daya makmur membenarkan jika banyak merebak hewan kaki seribu di desanya. Apalagi selesai hujan dan lembab, hewan itu keluar dari tanah dan masuk kerumah penduduk.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Banyuasin dr Mgs Hakim Mkes, baru-baru ini, mengatakan, serangan luwing bisa menyebabkan orang kejang-kejang dan pingsan. Hewan kaki seribu ini dapat mengigit manusia jika dirinya dalam keadaan terancam, gigitannya menyebarkan cairan yang cukup beracun yang dihasilkan oleh kalajengking atau kelabang, namun cukup mampu menyebabkan step pada anak-anak.

“Bahayanya luwing (kaki seribu) yang diawali karena gigitan atau sengatan dari hewan itu dapat menyebabkan sesorang terserang demam, akbiat racun menyebar ke pembuluh darah. Jika orang dewasa yang terserang biasanya demam hanya berlangsung lebih dari satu jam saja setelah itu akan hilang dengan sendirinya,” jelasnya.

“Jika anak-anak yang mengalaminya, maka demam akan akan berlangsung cukup lama dan segera diatasi dengan penangan tim kesehatan. Apabila terjadi gigitan atau sengatan dari kaki seribu jangan dibiarkan karena dapat menyebabkan seseorang jatuh pingsan mendadak ketika racun telah menyebar ke pembuluh darah serta jaringan tubuh lainnya,”ungkapnya.

Beliau juga meminta masyarakat yang terkena cairan luwing segera berobat ke puskesmas terdekat, hewan luwing ini cukup ramah pada manusia, namun hewan ini bisa mengigit dan menyengat mengeluarkan racun untuk perlindungan diri apabila merasa terancam. Cairan kaki seribu ini memang membuat alergi kulit seperti kuli melepuh  dan gatal-gatal,”jelasnya.