Wabup Slamet Buka Peringatan HKAN di Kemampo

Pangkalan Balai – Pemkab Banyuasin menggelar acara peringatan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN). Yang bertajuk “Aksi Rimbawan Sumsel Sukseskan HKAN Tahun 2019”. Tahun ini peringatan diselengarakan Hutan KEMAMPO, Kayuarakuning Kecamatan Banyuasin III, Sabtu (24/08).

Wakil Bupati Banyuasin H. Slamet Somosentono, SH saat membuka peringatan mengatakan Banyuasin terpilih sebagai lokasi HKAN, karena lokasi Kabupaten Banyuasin berbatasan langsung dengan kota palembang yang memiliki bentang alam 35% wilayah daratan.

“Karna dekat dengan ibukota Sumatera Selatan, Banyuasin menjadi salah satu kabupaten penyangga bagi ibu kota Provinsi Sumatera Selatan,” kata Slamet

Dengan luas 1.232.912 ha, lanjut Wabup Slamet, salah satu lahan yang masih bisa mempertahankan hutan nya adalah Rimbo Kemampo yang merupakan hutan produksi tetap, yang di kelola balai Litbang LHK Palembang.

“Maka dari itu tanpa mengurangi gaung HKAN kita disini harus tetap berkomitmen bahwa konservasi alam bukan hanya sekedar seremoni akan tetapi harus tetap kita implementasikan dan kampanyekan terus secara nyata” lanjutnya

Tidak hanya itu, Pakde Slamet (sapaan Wabup Slamet), menyatakan Kawasan Taman Nasional Sembilang Merbak merupakan Kawasan wisata kebanggaan dan terbaik pada Kabupaten Banyuasin.

Dirinya juga mengatakan bahwasanya Kawasan Taman Nasional Sembilang Merbak yang merupakan aset intrenasional berupa burung migran dari siberia yang harus kita jaga dan lestarikan agar dapat dikembangkan lebih baik lagi.

Tak lupa, Pakde Slamet mengajak generasi muda untuk bersama-sama berperan aktif dalam mewujudkan tujuan konservasi nasional.

Acara yang di hadiri oleh Direktur Jendral KSDAE Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Selatan, Kepala Balai LHK Pelembang.

Hari konservasi alam nasional (HKAN) tersebut biasa dilaksanakan setiap tanggal 10 agustus di setiap tahun nya.

(Diskominfo/PKP)