Wabup Buka Diklat Fungsional Bidan

wabup-jas-okePALEMBANG — Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Kabupaten Banyuasin menggelar acara Diklat fungsional Bidan alih jenjang dari jenjang terampil ke jenjang ahli, Kamis (23/2/17). Diklat fungsional yang diselenggarakan di Asrama Haji Palembang tersebut diikuti sebanyak 30 bidan desa dan kecamatan dalam Kabupaten Banyuasin.

Acara yang dibuka langsung oleh Wakil Bupati selaku Pelaksana Tugas Bupati Banyuasin, Ir. SA Supriono, MM ini dihadir sejumlah pejabat. Antara lain, Kepala Badan Pengembangan SDM Prov Sumsel, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Kab. Banyuasin, Kepala Bapelkes Prov. Sumsel, Widyaiswara dan narasumber serta para Kepala Organisasi Perangkat Daerah Lingkup Kabupaten banyuasin.

Tujuan dari pelaksanaan Diklat ini sebagaimana disampaikan Kaban Kepegawaian dan Pengembangan SDM, Drs. H. Lukman, MM melalui Kepala Bidang Diklat Yulis Setiawan, SE adalah untuk meningkatkan integritas, kualitas dan pengembangan karir serta pengembangan kompetensi para bidan. Menanamkan pola pikir yang dinamis berwawasan yang komprehensif, bertanggung jawab kepada Allah SWT, negara, pemerintah dan masyarakat dalam melaksanakan tugas kebidanannya.

“Disampaikan pula metode yang akan dilaksanakan selama diklat yaitu melalui metode  ceramah, tanya jawab, diskusi, curah pendapat, pembuatan karya tulis, resume dan evaluasi.” lanjut Yulis Setiawan dalam laporannya.

Wakil Bupati  Banyuasin, Ir. SA. Supriono, MM dalam arahannya mengharapkan agar peserta Diklat dapat mengembangkan profesi, jenjang karir dan dapat menularkan ilmu yang telah didapat dari narasumber yang berkompeten. Beliau juga berharap terlaksananya upaya nyata para bidan dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, khususnya pelayanan terhadap ibu dan anak balita, agar tercapai keberhasilan menekan angka kematian ibu hamil, ibu menyusui dan para balita di wilayah Kabupaten Banyuasin ini. “Sebagai aparatur pemerintah, bidan dituntut untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan yang baik, pragmatis, terarah dan tanggap dalam situasi dan kondisi apapun” tambahnya.

“Adalah sangat penting bagi aparatur kesehatan untuk melayani pasien yang sakit dengan baik, ramah dan santun, kalau perawat, bidan, dokter melayani pasien dengan pelayanan yang tidak baik, kurang ramah dan kasar bagaimana pasiennya mau sembuh, yang ada malah pasien jadi tambah sakit” gurau Wabup si sela sela penghujung sambutannya.

Dalam kesempatan ini juga Wakil Bupati menyematkan tanda peserta secara simbolis tanda dibukanya secara resmi Acara Pembukaan Diklat Fungsional Bidan Alih Jenjang dari Jenjang Terampil ke Jenjang Ahli tingkat Kab. Banyuasin Tahun 2017.