Wabup Bantu Korban Puting Beliung

IMG-20170209-WA0005

Muara Telang — Wakil Bupati Banyuasin selaku Pelaksana Tugas Bupati Banyuasin Ir. SA Supriono, MM., sigap menanggapi bencana Angin puting beliung yang menerjang 3 (tiga) desa di Kecamatan Muara Telang Kabupaten Banyuasin, Rabu (8/2/17) malam tadi. 

Hasil penelusuran yang dilakukan Wabup beserta rombongan, angin puting beliung telah merobohkan beberapa rumah di Desa Telang Jaya, Desa Mekar Mukti, dan Desa Telang Makmur. Kerusakan paling parah ada di Desa Telang Jaya. Sebanyak 48 rumah roboh dan 9 orang terluka. Selanjutnya Desa Mekar Mukti sebanyak 16 rumah roboh dan 6 orang terluka. Desa Telang Makmur sebanyak 8 rumah rusak diterjang angin puting beliung.

Menurut keterangan Kepala Desa Telang Jaya Juwahir mengatakan  kejadian diperkirakan pada pukul 22.30 WIB. Angin kencang yang disertai hujan menerpa beberapa rumah tepatnya di RT 7 dan RT 8 yang dihuni sekitar 48 kepala keluarga. “Memang angin puting beliung telah menghancurkan sejumlah rumah warga, dan melukai beberapa orang, namun tidak sampai menelan korban jiwa, untuk saat ini korban telah ditangani pihak medis” terangnya kepada rombongan.

Wabup Supriono menjelaskan bahwa korban angin puting beliung sudah dievakuasi ke tempat yang aman untuk menghindari dari bencana susulan. “Kita sudah evakuasi korban ke tempat yang aman dan layak, warga yang menjasi korban akan kita ambilkan upaya selanjutnya” jelas Wabup yang juga Pelaksana Tugas Bupati Banyuasin itu.

Ditambahkan Supriono bahwa Pemerintah Kabupaten Banyuasin sudah mendatangkan beberapa bantuan berupa makanan dan minuman, obat-obatan. “Selain makanan dan obat, saya instruksikan kepada Dinas Kesehatan untuk mendirikan Posko bantuan Kesehatan berupa dokter dan tenaga medis lainnya. Buat tim kesehatan, dan upayakan lakukan pelayanan kesehatan secara maksimal” tegas Supriono kepada Kadinkes Banyuasin.

Wabup Supriono mengharapkan kepada warga untuk tetap tenang dan mulai berbenah mencari barang-barang yang masih dapat di gunakan dan di fungsikan kembali sampai bantuan datang lebih lanjut. “Selain itu juga saya perintahkan kepada Kesbangpol, Dinas Sosial untuk lebih tanggap membantu korban angin puting beliung ini. Keperluan warga yang mendapat musibah ini harus kita tanggapi dengan cepat dan tepat, mudah-mudahan kita semua diberi kesabaran lagi” pungkas Supriono.

Beliau juga menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap waspada dan tingkatkan kerjasama secara gotong royong  untuk membantu sesama. Tampak hadir mendampingi, Anggota DPRD Kab. Banyuasin Joko Aminoto, S.Ip, Kadinkes Kab. Banyuasin dr. H. Masagus M. Hakim, M.Kes., Kadinsos Banyuasin dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Banyuasin. (Joan)