Upacara Hari Pendidikan Nasional, Supriono : “Ucapkanlah Terimakasih pada Guru-Guru Kita”.

PANGKALAN BALAI — Puluhan Siswa/siswi SD, SMP, dan SMA di Kabupaten Banyuasin memadati Lapangan Kantor Bupati Banyuasin, (2/05). Siwsa/siswi tersebut Nampak semangat mengikuti Upacara Hari Pendidikan Nasional yang diselenggarakan Pemkab Banyuasin. Wakil Bupati selaku Plt. Bupati Banyuasin Ir. SA Supriono, MM bertindak sebagai Inspektur Upacara Hari Pendidikan yang digelar pagi tadi. Selain diikuti siswa/siswi, upacara Hari Pendidikan juga diikuti oleh unsur ASN Pemkab Banyuasin, PGRI, Polisi, dan TNI. Di barisan undangan, nampak hadir Kajari Banyuasin La Kamis, SH, MH., Sekda Banyuasin Dr. Ir. H. Firmansyah, M.Sc, Ketua PKK Kab. Banyuasin Karwana SE, dan  para Kepala OPD Banyuasin.

Dalam amanatnya, Ir. SA. Supriono MM mengatakan Pemerintah Kabupaten Banyuasin mengapresiasi peran aktif para pegiat pendidikan dalam mencerdaskan anak bangsa agar menjadi manusia yang berkarakter, berpengetahuan dan memberikan faedah bagi sekitarnya.

Tanggal 2 Mei, lanjutnya, yang ditetapkan sebagai Hari Pendidikan Nasional melalui Keputusan Presiden RI nomor 316 tahun 1959 dilatarbelakangi sosok Ki Hadjar Dewantara, sehingga hari kelahiran beliau ditetapkan sebagai Hari Pendidikan Nasional. Peringatan ini tidak semata-mata dimaksudkan untuk mengenang kelahiran Ki Hadjar Dewantara, namun lebih merupakan momentum untuk menumbuhkan patriotism dan nasionalisme insan pendidikan.

“Hari Pendidikan dimanfaatkan untuk merefleksikan filosofi nilai perjuangan Ki Hadjar Dewantara dalam menegakkan pondasi pendidikan di Indonesia” jelas Supriono.

Melalui tema “ Percepat pendidikan yang merata dan berkualitas”, pendidikan harus dipandang sebagai ikhtiar kolektif seluruh bangsa. Pendidikan tidak dipandang sebagai progam semata, namun harus mengajak elemen masyarakat untuk terlibat. “Masyarakat memiliki, pemerintah memfasilitasi, dunia bisnis peduli, dan organisasi masyarakat mengorganisasi. Tujuanya agar seluruh pihak berakselerasi, untuk mempercepat pendidikan yang merata dan berkualitas” sambungnya

Wabup Mengajak Peduli Pendidikan

Dihadapan peserta upacara, Inspektur Upacara sempat menyinggung kepedulian kita dalam memikirkan pendidikan yang errata dan berkulaitas. “Sebelum itu izinkan saya bertanya, tahukah kita berapa jumlah sekolah, jumlah guru, di daerah kita? Tahukah berapa jumlah anak putus sekolah? Tahukah kita kondisi guru-guru di sekolah kita?” Tanya Inspektur Upacara Ir. SA Supriono, MM

“Kemudian, pernahkah kita mengunjungi sekolah kita dulu, menyapa guru-guru kita dulu? Untuk itu saya berharap kepada semua yang telah merasakan manfaat pendidikan, tanyakan lah sekadar kabar guru-guru kita dan ucapkan terima kasih, lalu kita harus terlibat untuk berbagi, menginnspirasi dan terlibat untuk ikut memajukan dunia pendidikan kita “ pinta Supriono dihadapan peserta upacara dan undangan.

Usai upacara bendera, bersama FKPD Banyuasin Wabup selaku Plt. Bupati Banyuasin Ir. SA Supriono, MM menyerahan Anugerah Tanda Kehormatan Satyalancana Kerya Satya 10 Tahun, 20 Tahun dan 30 Tahun bagi Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Banyuasin. Sebanyak 30 PNS mendapat Satyalancana 30 Tahun antara lain Faridah, S.Pd Guru SDN 3 Rambutan Sukaryanto Guru SMPN 1 Rambutan, dan Drs. Sudirman Pengawas Sekolah UPT Dinas Pendidikan Kec. Rambutan. Kemudian, 40 PNS menerima Satyalancana 20 Tahun antara lain, Muhammad Kaminsya, S.Pd Kepala SDN 41 Plus Banyuasin III, dan Dra. Hayati, MM Kepala SDN 26 Talang Kelapa. Selanjutnya, 14 PNS penerima Satyalancana 10 Tahun antara lain Trisna Anggreani, S.Pd Guru SMPN 1 Sembawa, Juanda. S.Pd Guru SMPN 3 Banyuasin II.

Selain penyerahan Satyalancana, dilakukan pula penyerahan bagi Penerima Lomba Hari Lingkungan Hidup Sedunia dan Sekolah Adiwiyata Tahun2017, serta Lomba Minat, Bakat dan Keratifitas Siswa SD dan SMP Kabupaten Banyuasin. (Kominfo/PKP)