Tingkatkan Minat Baca Pelajar, Pemkab Banyuasin tambah Perpustakaan Mini Daerah.

PANGKALAN BALAI — Pembangunan Perpustakaan Umum Mini Daerah yang dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Banyuasin melalui Dinas Perpustakaan Pembinaan Arsip Daerah (Persipanda) Banyuasin mulai dilakukan.

Peresmian pembangunan gedung perpustakaan umum mini di jalan simpang Bom Berlian, Kota Pangkalan Balai tersebut  dilaksanakan dengan ditandai dengan pembubuhan adukan semen di atas pondasi gedung oleh Plt. Bupati Banyuasin Ir Supriono MM, (Selasa, 16/5), didampingi Kepala Dinas Persipanda Hazairin Zaini, SH, Asisten Pemerintahan Dr. HM. Senen Har, S.Ip., M.Si dan Para Kepala OPD lainnya.

Supriono mengatakan, dibangunnya gedung perpustakaan umum mini daerah didanai oleh anggaran Pendapatan Belanja Daerah Daerah (APBD) tahun 2017. Gedung ini nantinya berfungsi untuk memenuhi layanan masyarakat di bidang pustaka.

Bangunan gedung tersebut harus dimanfaatkan secara maksimal untuk melayani masyarakat terutama pelajar di Kabupaten Banyuasin, sehingga dapat terus meningkatkan minat baca di kalangan masyarakat.

Dibangunnya gedung perpustakaan umum mini di Pusat kota Pangkalan Balai sangat berdampak positif terhadap keberadaan gedung Rumah Pintar sebab tempatnya berdampingan, sehingga masyarakat mendapat berbagai macam pelayanan, selain melakukan aktivitas pustaka. Perpustakaan umum mini daerah tersebut menyatu dengan Dinas Persipanda, diharapkan setelah selesai dibangun, agar gedung tersebut berfungsi secara maksimal.

“Ada beberapa gedung dibangun oleh Dinas Perpusipanda Kabupaten Banyuasin, termasuk pembangunan rumah baca, perpustakaan kecamatan, bangunan-bangunan tersebut harus dimanfaatkan,” tegas Supriono

Sementara Kepala Dinas Persipanda Kabupaten Banyuasin, Hazairin Zaini SH mengakui bahwa keberadaan perpustakaan umum mini daerah berkantor di Dinas Persipanda kurang mendapat perhatian masyarakat, karena tempatnya tidak dekat dengan  pemukiman penduduk.

“Sehingga diusulkan untuk pembangunan gedung tersendiri di pusat Kota Pangkalan Balai, dengan harapan banyak dikunjungi oleh pelajar dan masyarakat pada umumnya dari berbagai tempat,” terang Hazairin.

Hingga sekarang Dinas Persipanda Banyuasin sudah memiliki satu perpustakaan umum daerah, 13 perpustakaan kecamatan, 2 perpustakaan rumah pintar,  66 perpustakaan rumah desa/kelurahan, 219 perpustakaan rumah ibadah, dan puluhan perpustakaan lainnya. (Kominfo/PKP)