Tingkatkan Kreatifitas Dan Bakat, Dinas Perpustakaan Banyuasin Laksanakan Lomba Bercerita Dan Mewarnai

PANGKALAN BALAI — Untuk menggali dan meningkatkan kreatifitas dikalangan anak-anak TK dan Sekolah Dasar di Kabupaten Banyuasin, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Banyuasin melaksanakan kegiatan Lomba Mewarnai Tingkat TK dan Lomba Bercerita Tingkat Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah se Kabupaten Banyuasin yang berlangsung di halaman Gedung Perpustakaan Umum Pangkalan Balai, Kamis (19/03).

Acara ini di Buka Langsung Ketua TP.PKK Banyuasin dr.Sri Fitriyanti Askolani. Dalam sambutannya dr. Fitri menyebutkan kegiatan mewarnai dan bercerita digelar rutin setiap tahun, ini merupakan upaya Pemerintah Kabupaten untuk mendorong terwujudnya masyarakat yang pintar dan cerdas. Kegiatan ini juga untuk menyukseskan Program Pemerintah yaitu Banyuasin Cerdas. Dan untuk meningkatkan budaya baca di masyarakat seharusnya ditanamkan ke anak- anak sejak usia dini.

“Lomba seperti ini adalah wadah untuk menyalurkan kreatifitas dan bakat anak agar anak cerdas dan menumbuhkan minat baca,”katanya.

Dimana perkembangan otak anak sudah menjadi perhatian Pemkab Banyuasin. Jadi, harapan dia generasi penerus harus gemar membaca, buku jendela dunia dan dari buku pula bisa melihat dunia.Walaupun perkembangan teknologi merasuki anak-anak, terang dia, saat ini tugas dan peran perpustakaan daerah dan wali murid serta guru didaerah yang bergerak aktif.

“Sebab sebagian anak-anak sekarang hampir lebih banyak bermain Gadget dan sedikit yang menyukai membaca buku. Sehingga belum tentu informasi gadget itu benar bisa jadi hoax. Apalagi budaya baca di negara Asean masih rendah,”katanya.

 

Ketua TP.KKK ini juga menyinggung wabah Coronavirus Desease 2019 (COVID-19) yang akhir-akhir ini sudah luar biasa mewabah, bahkan jadi masalah dunia internasional. Dihimbau pada orang tua, siswa harus tetap tenang jangan panik karena COVID-19 seperti paru-paru basah, bukan penyakit corona saja, bisa juga TBC, Influenza dan Asma.

“Banyuasin sampai detik ini belum ada kasus corona, kita berharap jangan sampai masuk ke Banyuasin. Karena tidak ada resiko terjadi Corona maka sekolah tidak diliburkan,”tuturnya.

Diakhir acara tersebut, dr.Sri Fitri Askolani didampingi Wakil Ketua TP PKK Hj.Neni Slamet dan Ketua DWP Kab. Banyuasin Hj.Hamidah Senen Har melaunching Kartu Anggota Perpustakaan Umum.

Menurut Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Banyuasin, H. Adam Ibrahim, SE., M. Si kegiatan ini berlangsung selama satu hari yang diikuti Mewarnai 30 orang anak-anak Taman Kanak-Kanak Putra/Putri. lomba bercerita juga diikuti sebanyak 30 orang Putra/Putri tingkat SD/MI sederajat.

Adam mengatakan lomba ini bertujuan untuk mengajak masyarakat agar budayakan kegemaran membaca terutama pada anak sekolah dibiasakan baca buku setiap hari. Dengan membaca dapat menciptakan generasi yang cerdas dan membaca bisa menjadi suatu kegemaran guna mensukseskan program Banyuasin Cerdas.

“Lomba ini juga bertujuan menciptakan generasi penerus yang cerdas, kreatif, berilmu, dan bertaqwa kepada Allah SWT”, ucapnya.

Turut Hadir Dinas Perpustakaan Daerah Provinsi Sumsel Drs. Nana Suhana, Wakil Ketua TP-PKK Banyuasin H. Neni Slamet, Ketua Dharma Wanita Persatuan Banyuasin Hj. Hamidah Senen, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Banyuasin, H. Adam Ibrahim, SE., M. Si, Sekretaris DPMD Gambeta, S.Sos., M.si, dan Camat Banyuasin III Dra. Yuni Khairani

(DISKOMINFO/PKP)