SUPRIONO RESMIKAN RUMAH SAKIT PRATAMA MAKARTI JAYA

 

MAKARTI JAYA — Wakil Bupati Banyuasin selalu Pelaksana Tugas Bupati Banyuasin Ir Suman Asra Supriono MM meresmikan penggunaan Rumah Sakit Pratama Makarti Jaya, Kecamatan Makarti Jaya, Kabupaten Banyuasin, Rabu (5/4). ” Ini adalah Rumah Sakit Pertama di wilayah Perairan Kabupaten Banyuasin, dan kehadirannya sangat ditunggu-tunggu oleh warga perairan di Kabupaten Banyuasin” ujarnya. Turut Hadir dalam peresmian tersebut, Kapolres Banyuasin AKBP Andri Sudarmadi Sik, Kepala Kantor Kementerian Agama Banyuasin, Wakil ketua I DPRD Banyuasin Askolani, beserta anggota DPRD Banyuasin, Kadinkes dr. Massagus M. Hakim, M.Kes, Kadishub H. Supriadi, SE., M.STR., Plt. Kadiskominfo Erwin Ibrahim, ST., MM.,MBA.

Berdirinya RS Pratama Makarti Jaya diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi peningkatan kualitas pelayanan kesehatan di Kabupaten Banyuasin. “Jadi, bapak-bapak dan ibu-ibu di wilayah perairan, tidak perlu lagi dirujuk ke Palembang. Semua diharapkan dapat ditanggulangi di RS Pratama ini. Kita harapkan dapat melayani masyarakat terutama masyarakat perairan. ” kata Wabup Supriono dihadapan ratusan warga yang menghadiri.

Masih kata Supriono, Pemerintah Kabupaten Banyuasin berkomitmen untuk meningkatkan pembangunan kesehatan melalui perluasan jangkauan pelayanan kesehatan kepada masyarakat tanpa terkecuali. Hal ini menunjukkan keberpihakan dan kehadiran pemerintah ditengah-tengah masyarakat. Masyarakat perairan yang selama ini harus ke Palembang atau ke Pangkalan Balai, sudah dimudahkan dengan kehadiran RS Pratama Makarti Jaya. “Mengurangi ongkos transportasi ke Palembang” katanya lagi.

Mengenai perlengkapan rumah sakit pratama yang belum lengkap, Supriono berjanji akan melengkapi kesehatan secara bertahap. Bahkan Supriono berharap untuk kekurangan tenaga medis, nantinya dapat diisi oleh masyarakat di sekitar rumah sakit. “Kalau ada warga makarti jaya yang memiliki keahlian dalam bidang kesehatan, akan kita prioritaskan,”ungkapnya seraya menambahkan pemerintah Kabupaten Banyuasin bakal menambah rumah sakit pratama di wilayah Banyuasin.

Kepala Dinas Kesehatan Banyuasin dr Masagus M Hakim Mkes mengatakan kalau pembangunan rumah sakit pratama makarti jaya ini dibangun menggunakan dana APBD Provinsi Sumsel dan APBD Banyuasin. “Pembangunannya dibiaya APBD  Provinsi dibantu dana sharing dari Provinsi Sumatera Selatan dan APBD Kabupaten Banyuasin, untuk perawat dan dokter, akan ditempatkan di RS Pratama dan standby selama 24 jam. Dan ada sekitar 50 tempat ruang atau tempat tidur untuk warga yang sakit,”ujarnya .

Hakim menambahkan rumah sakit pratama makarti jaya ini akan menyediakan satu speedboat untuk melayani kesehatan bagi masyarakat perairan. Rumah sakit pratama ini dibangun dengan lahan seluas 1,5 hektare, yang awalnya merupakan pasar kalangan.

Sebelumnya, Wakil Bupati Banyuasin Ir SA Supriono MM melakukan peninjauan beberapa kondisi ruangan di rumah sakit pratama makarti jaya, dan beliau merasa puas dengan kondisi bangunan itu. Kendati masih ada yang perlu diperbaiki.

Usai meresmikan, Supriono beserta rombongan menghadiri Dharma Santi Nyepi bersama Umat Hindu di Balai Pesamuan Pura Candra Sidhi Kecamatan Makarti Jaya. (Kominfo)